Connect with us
FA506_2024
Berita

Bermitra dengan Ericsson, OPPO Perbarui Communication Lab

OPPO bermitra dengan Ericsson untuk meningkatkan OPPO Communication Lab – basis inovasi 5G global terkemuka yang berfokus pada penelitian teknologi 5G mutakhir.

Updated

OPPO mengungkapkan pengembangan teknologi 5G mereka yaitu OPPO Communication Lab. OPPO bermitra dengan Ericsson, sebagai penyedia Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) terkemuka di dunia, untuk memperbarui OPPO Communication Lab.

Dengan Communication Lab yang telah diperbarui, OPPO mampu mewujudkan penelitian dan pengembangan teknologi 5G terbarunya, mulai dari pengembangan RF front-end, hingga protokol upgrade software serta melakukan testing dan tuning secara regional.

Selain itu, Communication Lab yang dibuat lebih mutakhir ini akan menjadikan smartphone OPPO sebagai pelopor teknologi 5G terbaru serta menjadikan OPPO sebagai mitra ideal bagi provider dan operator teknologi global dalam memperluas jangkauan 5G mereka.

Kerjasama untuk meningkatkan inovasi 5G global

OPPO Communication Lab terdiri dari tiga modul: Radio Frequency Lab, Protocol Lab, dan Network Simulation Lab. Network Simulation merupakan bentuk kolaborasi antara OPPO dan Ericsson, sementara Protocol Lab diciptakan oleh OPPO bersama dengan Keysight, sebuah perusahaan penguji teknologi ternama.

“Communication Lab yang telah diperbarui ini merupakan sebuah pencapaian baru dalam pengembangan teknologi 5G OPPO dan merepresentasikan kerja sama yang lebih dekat dengan perusahan teknologi global terkemuka lainnya,” ujar Chris Shu, Vice President and General Manager of Product Strategy Planning and Cooperation Center, OPPO.

Lebih lanjut, Shu juga menambahkan bahwa seiring dengan kemajuan evolusi teknologi 5G global, OPPO merasa bangga bisa bermitra dengan Ericsson dan Keysight untuk memanfaatkan standar, produk, dan aplikasi teknologi 5G yang dikembangkan oleh OPPO guna meningkatkan ekosistem 5G di seluruh dunia.

Kemitraan ini juga disambut gembira oleh Magnus Ewerbring, Vice President and CTO Asia-Pacific, Ericsson. Ia mengatakan bahwa peningkatan kolaborasi antara OPPO dan Ericsson akan menghasilkan produk dan teknologi yang dapat memenuhi permintaan dan memimpin arah pasar 5G, serta meningkatkan pengalaman pengguna jaringan 5G.

“Sebagai pemain terkemuka di pasar 5G global, Ericsson selalu senantiasa untuk bekerjasama dengan banyak rekan industri dalam rangka membangun ekosistem 5G. Tidak hanya itu, kemitraan yang terjalin juga bertujuan menciptakan inovasi untuk merealisasikan potensi teknologi 5G,” ujar Ewerbring.

Sementara, Cao Peng, Vice President and General Manager, Keysight mengungkapkan sebagai perusahaan perangkat 5G terkemuka, OPPO memahami bahwa reliability testing (uji keandalan) harus dilakukan sebelum meluncurkan sebuah produk ke pasar global.

“Protocol Lab dan Radio Frequency Lab adalah sebuah pencapaian penting untuk OPPO dan Keysight dalam pengembangan 5G. Inovasi teknologi 5G yang dikembangkan oleh Keysight memungkinkan teknisi OPPO untuk melakukan pengujian produk secara efisien,” ujar Peng.

Tiga modul lab untuk mendukung penelitian 5G

Network Simulation Lab dapat melakukan simulasi yang menyerupai jaringan komunikasi perkotaan ataupun jaringan 4G/5G dari operator yang berbeda serta menyediakan layanan komunikasi untuk 10.000 perangkat dalam simulasi tersebut.

Hal ini memungkinkan OPPO untuk melakukan pengujian terhadap produk teknologi komersial 5G terbarunya dalam lab tersebut. Selain Network Simulation, OPPO Communication Lab juga mempunyai modul lainnya, yakni Radio Frequency Lab dan Protocol Lab.

Dewasa ini, smartphone biasa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti melakukan meeting secara online saat pengguna berada di dalam kereta kecepatan tinggi, ataupun mengambil foto dan mengunggahnya ke medial sosial dimanapun pengguna berada.

Untuk memastikan bahwa smartphone memiliki koneksi internet yang stabil untuk berbagai aktivitas di manapun, pengujian yang intensif harus dilakukan di dalam Radio Frequency Lab. Sementara itu, Protocol Lab dapat membantu berbagai pengujian seperti power consumption testing, regression testing, and joint new feature testing.

Semua ini dilakukan untuk menciptakan inovasi dengan menggunakan pendekatan yang berbeda-beda. Salah satu contohnya, Protocol Lab saat ini sedang melakukan pengembangan teknologi 5G terbaru bernama Release 16. Dalam Protocol Lab, telah dilakukan berbagai cara untuk meningkatkan efisiensi kinerja antara perangkat dan jaringan.

Memimpin inovasi menuju era Internet of Experience

Melalui kemampuan luar biasa OPPO dalam hal pengembangan teknologi dan dukungan dari mitra industri globalnya, OPPO telah berhasil meraih berbagai pencapaian di bidang inovasi 5G secara global. Pada tahun 2018, OPPO mempertunjukkan fitur video call berbasis 5G pertama di dunia yang menggunakan teknologi 3D structured light.

Pada tahun 2019, Oppo Reno 5G edition menjadi smartphone pertama yang dapat menggunakan 5G di Eropa. Pada tahun 2021, OPPO, Vodafone, Qualcomm, dan Ericcson berhasil meluncurkan jaringan 5G standalone (SA) dan mendorong pengembangan teknologi 5G.

Ke depannya, OPPO akan terus mengingkatkan penelitian dan pengembangan teknologi mutakhir, bekerja sama dengan perusahaan terkemuka lainnya seperti Ericsson, memfasilitasi pengembangan 5G, dan merealisasikan potensi teknologi 5G serta mendorong industri menuju era Internet of Experience.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer