Connect with us
UM3406
Berita
Review

Apple AirPods Pro 2 vs Sony WF-1000XM5, Siapakah TWS Terbaik Saat Ini?

Updated

Jika kalian sedang mencari TWS (True Wireless Stereo) dengan fitur yang lengkap dan kualitas suara terbaik, maka kedua nama AirPods Pro 2 dan Sony WF-1000XM5 akan muncul menjadi kandidat terkuat. Selain itu, keduanya juga menawarkan ANC (Active Noise Cancellation) atau peredam suara yang sangat mumpuni. 

Walaupun keduanya memiliki kualitas yang sama-sama mumpuni, tentu saja keduanya memiliki kelebihan antara satu sama lain, dan berikut adalah review tentang kedua TWS tersebut yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membeli TWS ini.

Kualitas Suara yang Mirip

Apple AirPods Pro 2 dan Sony WF-1000XM5 memiliki kualitas suara yang mirip, bagus dan cenderung netral, jadi apapun selera musik anda, harusnya kedua TWS ini mampu memberikan kualitas yang maksimal. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan pada bagian bass, dimana Sony WF-1000XM5 memiliki bass yang lebih kuat dibandingkan Apple AirPods Pro 2.

Jika kalian merupakan pendengar casual, kalian mungkin tidak akan merasakan perbedaannya, hal ini menunjukkan kualitas yang disajikan oleh keduanya. Hal itu didukung dengan adanya EQ yang bisa kalian set melalui aplikasi Headphones Connect pada Sony WF-1000XM5, serta Adaptive EQ pada AirPods Pro 2 yang bisa menyesuaikan preferensi musik ataupun audio yang sedang kalian dengarkan.  

Noise Cancellation

Source : Android Authority

Untuk urusan Active Noise Cancellation, keduanya juga sama-sama cemerlang. Perbedaannya hanya Sony WF-1000XM5 yang sedikit lebih baik mengatasi kebisingan pada frekuensi rendah, misalnya di dalam pesawat, hal ini diakibatkan oleh adanya memory foam yang ada pada Sony WF-1000XM5. Akan tetapi pada tingkat kebisingan yang lebih tinggi, misalnya kalian di samping mesin pencuci piring, maka Apple AirPods Pro 2 akan tampil lebih baik dibandingkan dengan Sony. Intinya, jika noise cancellation merupakan hal yang sangat kalian perhatikan, maka keduanya merupakan TWS dengan ANC (Active Noise Cancellation) terbaik saat ini di pasaran.

Kualitas Mikrofon

Sony memberikan upgrade pada WF-1000XM5 dengan menggunakan tiga mikrofon pada tiap earbud nya serta penambahan algoritma AI untuk mengurangi kebisingan. 

Walaupun sudah mendapatkan upgrade yang signifikan, tampaknya dalam kualitas mikrofon AirPods Pro 2 tetap lebih unggul. Dimana AirPods Pro 2 mampu menghasilkan suara yang lebih jernih, baik dalam kondisi yang sepi maupun dalam kondisi keramaian.

Sedangkan Sony WF-1000XM5 sedikit mengalami kesulitan pada kondisi keramaian, dimana suara yang dikeluarkan di mikrofon cenderung tidak stabil, bukan berarti mikrofon pada TWS Sony ini jelek, hanya saja AirPods Pro 2 ini lebih bagus dan jelas.

Ketahanan Baterai dan Kecepatan Charging

Source : Android Authority

Jika dalam kondisi ANC (Active Noise Cancellation) sama-sama aktif, Sony WF-1000XM5 akan bertahan selama 8 jam dengan ekstra 16 jam dengan pengecasan pada case. Sedangkan pada AirPods Pro 2, Apple menjanjikan AirPods ini akan bertahan selama 6 jam dengan ekstra 30 jam dengan pengecasan pada case.

Walaupun playtime AirPods Pro 2 kalah dibandingkan dengan Sony WF-1000XM5, AirPods Pro 2 ini mampu menggunakan fitur optimasi baterai serta pembatasan kapasitas charge jika dihubungkan dengan produk-produk Apple lain seperti iPhone. Dimana hal ini akan memperpanjang masa ketahanan baterai. 

Kesimpulan

Untuk informasi, saat artikel ini ditulis (14/06/2024), kedua TWS ini memiliki harga yang hampir mirip di angka Rp. 3.350.000 untuk Apple AirPods Pro 2, dan Rp. 3.225.000 untuk Sony WF-1000XM5. 

Dengan fitur dan kualitas yang ditawarkan, kalian tidak akan salah pilih jika memilih di antara Sony WF-1000XM5 maupun AirPods Pro 2. Hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memilih keduanya adalah ekosistem apa yang sering kalian gunakan, jika kalian adalah pengguna produk Apple, maka AirPods Pro 2 adalah pilihan terbaik buat kalian, dengan pairing yang mudah serta fitur-fitur yang seamless.

Hal sebaliknya juga menjadi pertimbangan utama apabila kalian adalah pengguna Android, Sony WF-1000XM5 adalah TWS terbaik buat kalian, karena seperti yang kalian ketahui AirPods Pro 2 ini hanya bisa berjalan mulus pada produk-produk eksklusif milik Apple.

Case Spigen untuk Apple AirPods Pro 2 

 

Source : Spigen

Jika kalian memutuskan untuk membeli AirPods Pro 2, tentunya kalian memerlukan proteksi ekstra pada case AirPods Pro 2. Mengingat body yang mulus pada case AirPods ini cenderung mudah tergores. 

Jika kalian adalah penyuka clear case, maka kalian bisa mempertimbangkan Spigen Ultra Hybrid, seperti namanya case ini merupakan hybrid case berbahan softcase (TPU) serta hardcase (PC). Varian case ini juga tersedia dalam versi dengan desain yang unik yaitu Spigen Ultra Hybrid Zero One dengan desain “Engine Looks”, case ini juga support dengan Magsafe.

Untuk tampilan serta perlindungan yang lebih kokoh, kalian bisa mencoba Spigen Tough Armor, Spigen Rugged Armor, Spigen Mag Armor, serta Spigen Lock Fit.

Untuk tampilan yang minimalis, kalian bisa mencoba case Spigen Silicone Fit, Urban Fit, Caseology Nano Pop dan Caseology Vault.

Case Spigen untuk Sony WF-1000XM5  

Source : Spigen

Untuk Sony WF-1000XM5, Spigen menyediakan dua varian case, yaitu Spigen Ultra Hybrid dan Spigen Rugged Armor.

Sama seperti pada AirPods Pro 2, case Spigen Ultra Hybrid ini juga memadukan dua jenis bahan softcase dan hardcase untuk Sony WF-1000XM5, dengan fitur perlindungan ekstra khas Spigen yaitu Air Cushion Technology untuk melindungi dari benturan.

Case kedua adalah Spigen Rugged Armor, case ini memberikan tampilan yang kokoh dan berkelas dengan adanya aksen Carbon.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membeli case dari Spigen ini? Semua case Spigen tadi bisa kalian dapatkan di Spigen Official dan Unicase Store baik secara offline maupun online. Untuk pembelian secara offline kalian bisa kunjungi beberapa lokasi Offline Store Unicase yang terdapat di beberapa kota besar. Untuk pembelian online, kalian bisa mengunjungi marketplace Spigen di Shopee, Tokopedia dan Lazada



Comments

Harga HP Terbaru

Berita4 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer