Connect with us
UX8402
Berita

50 Kota/Kabupaten Raih Penghargaan dari Gerakan Menuju Smart City 2023

Penghargaan diberikan karena ke-50 kota/kabupaten tersebut berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas.

Updated

Sebanyak 50 kota/kabupaten di Indonesia memperoleh penghargaan dalam ajang Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023. Penghargaan diberikan karena ke-50 kota/kabupaten tersebut berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas.

Juga diharapkan, ke-50 kota/kabupaten tersebut dapat menjawab tantangan dalam meningkatkan taraf hidup warga sekaligus memaksimalkan potensi masing-masing wilayah. Secara tidak langsung, ke-50 kota/kabupaten tersebut juga telah menjalankan program unggulan dan berdampak langsung kepada masyarakat setempat.

Gerakan Menuju Smart City sendiri adalah inisiatif yang digulirkan Kementerian Kominfo RI guna mendorong pengembangan kota/kabupaten cerdas diseluruh Indonesia. Melalui gerakan ini, pemerintah kota/kabupaten dibimbing menyusun rencana pembangunan komprehensif berbasis enam dimensi kota cerdas.

Keenam dimensi tersebut adalah smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment. Gerakan Menuju Smart City yang juga didukung oleh berbagai lembaga negara dan kementerian ini telah berhasil membimbing 241 kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city.

“Gerakan Menuju Smart City adalah bagian penting dari visi besar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam mewujudkan peningkatan infrastruktur digital, ekosistem digital, serta SDM dunia digital di Indonesia, ungkap Budi Arie Stiadi, Menteri Komunikasidan Informatika RI.

Ditambahkan oleh Budi bahwa  melalui gerakan ini diharapkan pemerintah kota/kabupaten di Tanah Air semakin semakin terampil memanfaatkan teknologi demi meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Dengan begitu, gerakan ini juga bisa menjadi jembatan menuju Indonesia Emas di 2045 nanti.

Sementara itu, Semuel Abrijani Pangerapan kengatakan bahwa keunikan dari kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Smart City adalah lokasinya yang tersebar merata diseluruh Indonesia. Di ujung barat ada Kota Sabang, di ujung timur ada Kabupaten Jayapura, di ujung utara ada Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Sumba Timur di selatan.

“Keragaman ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran pemerintah kota/kabupaten di di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi untuk membangun daerahnya. Selain itu, keragaman latar belakang daerah pun membuat program yang lahir dari gerakan ini terasa segar dan unik,” ungkap Semuel.

Terkait dengan hal itu, Samuel mencontohkan Pemkab Luwu yang menyediakan rumah singgah gratis bagi keluarga pasien yang berasal dari daerah terpencil, Kabupaten Luwu. Ada juga Pemkab Pamekasan dengan program Sang Sultan, memadukan peternak sapi Madura dengan tim dokter hewan.

“Tentunya kami  berharap Gerakan Menuju Smart City yang digulirkan oleh Kementerian Kominfo RI dan mendapat dukungan dari berbagai lembaga negara dan kementeria  ini dapat mendorong inovasi yang relevan dengan kebutuhan warga, serta sesuai dengan visi besar pemerintah daerah,” tambah Semuel.

Selain memberikan penghargaan, ajang Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar di ICE BSD, Banten (7/12) ini juga diisi berbagai acara menarik. Contohnya adalah temu wicara yang menjadi ajang saling berbagi pengetahuan bagi pemimpin daerah dalam mewujudkan pembangunan berbasis teknologi dan inovasi di daerah masing-masing.

Selain itu, ada pula pameran virtual (https://indonesiasmartcity.id) yang menampilkan inovasi yang telah dan akan dijalankan oleh seluruh kota/kabupaten peserta GerakanMenuju Smart City 2023. Pameran ini juga menyediakan akses komunikasi langsung kepenanggung jawab inisiatif smart city dari tiap-tiap daerah.

“Kami berharap, Forum Smart City Nasional 2023 ini dapat menjadi ajang kolaborasi seluruh pemangku kepentingan pembangunan kota cerdas alias smart city di Indonesia. Denganbegitu, kita sebagai bangsa semakin siap memasuki era digital ke depan, apalagi pada tahun 2045 nanti, Indonesia Emas,” pungkas Samuel.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer