ZUK Z1, OnePlus 2 Versi Murah

Seperti yang dijanjikan oleh ZUK, sebuah perusahaan baru di China didukung oleh Lenovo dan Qihoo 360, smartphone Z1 pun resmi diumumkan di Beijing pada Selasa (11/08). Pada acara tersebut, ZUK pun mengumumkan spesifikasi yang dimiliki Z1 sebagai smartphone perdananya. Melalui acara tersebut, ZUK juga mengumumkan harga Z1, yakni CNY 1,799 atau setara dengan US$290.

Sebagai smartphone perdana, ZUK Z1 memiliki spesifikasi dan harga yang cukup impresif. Smartphone ini hadir dengan frame berbahan metal dengan layar 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080). Sementara untuk menunjang performanya, ZUK menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 801. Chipset ini memiliki sebuah prosesor quad-core Krait 400 dengan kecepatan 2,5 GHz Serta GPU Adreno 330. Sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa ZUK Z1 akan menggunakan Snapdragon 810. Namun rumor tersebut ternyata tidak benar.

Meski tidak menggunakan chipset terkencang, sebagai smartphone flagship, ZUK Z1 mencoba menarik perhatian para pecinta gadget dengan RAM 3 GB, baterai jumbo berkapasitas 4.100 mAh, fitur fast charging 2,5 Ampere, serta port USB Type-C layaknya OnePlus 2. Tak sampai situ saja, smartphone ini juga dilengkapi dengan memori internal yang cukup besar, yakni 64 GB. Sayangnya, ZUK tidak menyematkan slot microSD pada Z1. Smartphone ini juga dilengkapi dengan tombol home bernama U-Touch yang dilengkapi dengan fingerprint build-in layaknya iPhone dan beberapa perangkat Samsung.

Untuk mengambil gambar, smartphone yang sudah mendukung konektivitas dual SIM 4G LTE ini dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP f/2.2 OIS dengan sensor Sony IMX214 dan kamera depan 8 MP di bagian depan. Belum diketahui apakah smartphone ini akan masuk ke pasar Indonesia. Jika iya, bisa jadi ZUK Z1 merupakan smartphone kedua yang mengadopsi port USB Type-C di Indonesia setelah OnePlus 2.

(last edit: 16 August, 2015 / 7:25 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
13%
Biasa Aja
23%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.