ZenFone Antar ASUS Jadi Perusahaan Terbesar di Taiwan

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Taiwan adalah negara asal di balik perusahaan komponen besar dunia. Banyak yang mengira merek seperti ASUS, HTC, atau Acer berasal dari Cina atau mungkin Amerika atau Eropa. Padahal ketiganya berasal dari Taiwan.

Tak hanya tiga perusahaan tersebut, masih banyak perusahaan asal Taiwan lainnya yang begitu mendunia. Kementerian ekonomi Taiwan baru-baru ini merilis daftar 20 perusahaan terbesar di Taiwan yang sudah bertaraf global. Siapa saja mereka?

Ternyata, ASUS memimpin di urutan pertama dengan aset US$1,78 miliar yang berasal dari bisnis komponen komputer, notebook, PC, smartphone, tablet, dan beragam aksesori. Namun penjualan paling tinggi tak lain disumbang oleh ZenFone. Nama besar lainnya seperti Acer ada di peringkat keempat dengan aset US$580 juta.

Produsen Android legendaris, HTC, ada di peringkat keenam dengan nilai US$453 juta. Cukup disayangkan, penjualan smartphoen HTC memang tengah merosot belakangan ini membuatnya terlempar dari posisi tiga besar. Yang tak kalah menarik yakni bercokolnya MediaTek di urutan sembilan dengan nilai US$354 juta sebagai produsen prosesor murah meriah yang selama ini menghiasi perangkat Android terjangkau.

(last edit: 29 October, 2015 / 7:57 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
94%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
6%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.