Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Tech News

XL Axiata dan Kemenhub Luncurkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara

Sajikan navigasi digital untuk perjalanan mudik, PT XL Axiata Tbk bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan RI meluncurkan aplikasi Peta Jelajah Nusantara. Sementara ini, aplikasi tersebut bisa kalian download lewat Google Play Store untuk pengguna Android.

Updated

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) meluncurkan aplikasi navigasi digital “Peta Jelajah Nusantara”. Aplikasi ini dibangun sebagai sarana pemandu bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat di wilayah Indonesia.

Menariknya, Peta Jelajah Nusantara juga telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memudahkan pengguna menemukan rute perjalanan dan berbagai informasi yang paling dibutuhkan. Masyarakat luas bisa secara mudah mendapatkan aplikasi ini dari Google Play Store untuk smartphone Android.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, “Peta navigasi digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat pengguna jalan secara umum. Peta dalam lembaran tercetak sudah mulai ditinggalkan karena peta digital memang lebih fleksibel dalam penggunaannya.”

Lebih jauh, Budi Karya juga menegaskan bahwa Kementerian Perhubungan mengapresiasi kerjasama dengan XL Axiata dan instansi pemerintah lainnya untuk pembangunan aplikasi Peta Jelajah Nusantara ini. Diharapkan, aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat luas.

Informasi yang tersaji di dalam aplikasi ini merupakan data resmi yang ter-update dari sejumlah instansi. Tidak hanya pelayanan transportasi (Kemenhub), tetapi juga kesehatan (Kementerian Kesehatan), sarana dan prasarana jalan (Bina Marga, Kementrian PUPR), serta keamanan dan ketertiban (Korlantas Polri).

Untuk kebutuhan mudik Lebaran tahun ini, informasi yang tersaji di dalam Peta Jelajah Nusantara adalah navigasi jalur mudik. Selain itu, peta navigasi yang tersaji juga terhubung dengan aplikasi Google Map. Selanjutnya informasi keberadaan beberapa posko di sepanjang jalur utama, dan juga terminal bus.

Baca juga

Ada juga ada informasi pengaturan jalur lalu lintas, misalnya jalur satu arah, ganjil genap, dan jalur alternatif. Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, aplikasi Peta Jelajah Nusantara juga dilengkapi dengan informasi mengenai letak titik-titik rawan kecelakaan di jalur mudik.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer