Connect with us
MaxProM1
Vivo vs Xiaomi Vivo vs Xiaomi 560x600
Featured

Xiaomi Mi A2 VS Vivo V9 6 GB, Duel HP Snapdragon 660

Vivo V9 6 GB datang ke pasar Indonesia dengan chipset Snapdragon 660 AIE. Tak lama lagi, Vivo akan kedatangan lawan setara, yakni Xiaomi Mi A2 yang juga disokong chipset serupa. Bingung untuk memilih di antara keduanya?

Updated

Sebagai salah satu pemain smartphone ternama di dunia, Xiaomi terus melakukan gebrakan. Yang terbaru, mereka telah menelurkan Xiaomi Mi A2 yang merupakan versi Mi 6X yang dipasarkan di luar Cina dan datang sebagai perangkat Android One penerus Mi A1.

Sementara itu di sisi lain, Vivo yang juga produsen smartphone asal Cina tak mau kalah gesit. Ya! Vivo juga melakukan gebrakan dengan menghadirkan Vivo V9 dengan RAM 6 GB. Menariknya, smartphone ini sudah lebih dulu di pasarkan di Indonesia.

Berbicara soal spesifikasi hardware yang dibenamkan, memang antara Xiaomi Mi A2 dengan Vivo V9 6 GB tak berbeda jauh. Kini, keduanya pun jadi pembicaraan yang menarik di mata para netizen Indonesia. Lantas, mana yang lebih baik dan mana yang layak untuk kalian beli? Mari kita gali keduanya!

Xiaomi Mi A2 Vs Vivo V9 (6 GB): Desain dan layar

V9 6GB vs Mi A2 Display

Sudah barang tentu jika kalian membeli sebuah smartphone, desain adalah pilihan pertama. Hadir di tahun 2018, Xiaomi Mi A2 membawa desain kekinian, namun masih memiliki standar khas Xiaomi. Ukuran layarnya 5,99 Full HD+ dengan aspek rasio 18:9.

Pada panel bagian belakang, Xiaomi juga tak mengubah banyak desainnya sehingga mirip dengan kebanyakan smartphone yang mereka kembangkan selama ini. Ada dual-camera belakang diposisikan secara vertikal di sudut kiri atas dan pemindai sidik jari di tengah. Sekilas mirip dengan Redmi Note 5.

Sedangkan desain Vivo V9 6 GB juga tak mau kalah nyentrik. Dipasarkan sebagai smartphone kelas menengah, Vivo mengemas V9 6 GB dengan layar IPS LCD lebih lega berukuran 6,3 inci FullHD+. Aspek rasio yang dimiliki oleh smartphone ini juga berbeda dengan Mi A2, yakni sudah 19:9.

Layar V9 6 GB membawa konsep minim bezel, lengkap dengan poni pada bagian atasnya. Jujur saja, tampilan smartphone ini tampak lebih premium ketimbang Mi A2. Sementara pada bagian belakangnya, Vivo juga memuat kamera ganda dengan posisi vertikal di sudut kiri atas dan pemindai sidik jari di tengah.

Xiaomi Mi A2 Vs Vivo V9 (6 GB): Hardware dan software

snapdragon 660

Beralih ke sisi hardware, dua smartphone ini membawa spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Hal inilah yang membuat beberapa orang bimbang dalam menentukan pilihan. Xiaomi membekali Mi A2 dengan chipset terbaru kelas menengah, Snapdragon 660 yang sudah dibekali Artificial Intelligence Engine (AIE).

Keistimewaan chipset racikan Qualcomm tersebut ditunjang pula dengan RAM sebesar 4 GB/6 GB serta internal storage berkapasitas 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Terdapat pula baterai berukuran 3.010 mAh sebagai sumber daya smartphone ini.

Sementara untuk sistem operasinya, Xiaomi Mi A2 menggunakan Android One versi Oreo (8.1). Tentu saja, daya tarik dari sistem operasi ini adalah soal update. Ya! Xiaomi Mi A2 yang dibekali dengan Android One versi Oreo (8.1) akan terus mendapatkan update lebih cepat hingga tiga tahun ke ke depan.

Tak berbeda dengan Mi A2, Vivo V9 6GB juga membawa jenis chipset yang sama, yakni Snapdragon 660 dengan teknologi Artificial Intelligence Engine (AIE). Dari penamaannya, sudah bisa ditebak bahwa Vivo V9 6GB datang dengan RAM 6 GB. Sedangkan penyimpanan internalnya berkapasitas 64 GB.

Untuk urusan catu daya, Vivo telah menyematkan baterai berkapasitas 3.260 mAh ke dalam Vivo V9 6GB. Performa hardware yang ada di dalam smartphone ini dipadukan dengan antarmuka FunTouch OS 4.0 berbasiskan Android 8.1 Oreo.

Xiaomi Mi A2 VS Vivo V9 (6GB): Kamera

Xiaomi Mi A2 1

Salah satu senjata pamungkas dari kedua smartphone ini terletak pada bagian kameranya. Mengusung tagline “Picture Perfect 20 MP”, Xiaomi Mi A2 menawarkan kemampuan kamera yang superior untuk sebuah smartphone kelas menengah.

Mi A2 dibekali dual-camera belakang 20 MP + 12 MP dan memiliki aperture f/1.75. Kamera belakang ini juga sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) yang akan menunjang kebutuhan pemotretan penggunanya. Mengambil foto bokeh dengan efek dramatis tentu dapat dilakukan dengan mudah.

Sementara untuk bagian depannya, Xiaomi juga menyematkan selfie-camera yang tak kalah menarik. Mi A2 dibekali dengan kamera depan 20 MP dengan sensor Sony IMX376 yang kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. Bisa dikatakan, Mi A2 juga jadi smartphone dari Xiaomi untuk manjakan penggila selfie.

Lantas, bagaimana dengan dukungan kamera Vivo V9 6 GB? Smartphone ini datang dengan tagline “Perfect Shot, Perfect View”. Artinya, smartphone ini memang datang masih mempertahankan ciri khasnya sebagai smartphone selfie.

Meski begitu, Vivo V9 6 GB memiliki perbedaan dengan Vivo V9 “reguler”. Ya! Vivo V9 6GB hanya memiliki kamera depan 12 MP dengan aperture f/2.0. Menariknya, Vivo membekali kamera depannya ini dengan Dual Pixel yang diklaim mampu menghasilkan jepretan lebih jernih di situasi low-light.

Sementara untuk kamera belakangnya, Vivo V9 6 GB menghadirkan dual-camera dengan konfigurasi 13 MP + 2 MP. Kamera belakangnya ini juga sudah dilengkapi dengan fitur AI HDR yang berfungsi untuk menyesuaikan cahaya ketika membidik objek (secara otomatis).

Xiaomi Mi A2 VS Vivo V9 (6 GB): Harga

Vivo V9 6 GB

Saat peluncurannya di Madrid, Spanyol beberapa waktu lalu Xiaomi memang menegaskan bahwa Mi A2 bakal dijual di banyak negara. Setidaknya kurang lebih ada 40 negara yang ditunjuk oleh Xiaomi, termasuk Indonesia untuk memasarkan smartphone Android One terbarunya ini.

Hanya saja, bagi kalian yang penasaran dengan harga Mi A2, Xiaomi baru mengumumkannya untuk pasar Eropa. Mi A2 RAM 4 GB + ROM 32 GB dijual dengan harga €249 (Rp4,2 juta), RAM 4 GB + ROM 64 GB dengan harga €279 (Rp4,7 juta) dan RAM 6 GB + ROM 128 GB dengan harga €349 (Rp5,9 juta).

Sedangkan Vivo telah secara resmi memboyong Vivo V9 6 GB ke pasar Indonesia. Dijual via e-commerce, seperti Lazada dan JD.id, Vivo membanderol smartphone ini dengan harga Rp4.299.000. Harga tersebut setara dengan Mi A2 yang ditopang RAM 4 GB.

Lantas, dari keduanya mana yang akan kalian pilih dan layak untuk dibeli? Tentu saja pilihan ada di tangan kalian. Kami tunggu komentarnya!

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.