Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Xiaomi Bikin Browser Ringan dan Cepat Buat Smartphone

Sudah terbiasa berselancar di internet menggunakan Google Chrome? Kini ada alternatif aplikasi browser buatan Xiaomi, yakni Mint Browser. Selain memiliki ukuran file yang kecil, aplikasi ini juga dapat berkerja dengan cepat.

Updated

Tak hanya di desktop atau laptop, perang browser juga menghiasi smartphone. Jika kalian pengguna Android, tentunya sudah mengenal aplikasi besutan Google, yakni Chrome. Meski begitu, tak ada salahnya kalian juga mencoba aplikasi serupa yang dibuat oleh pengembang aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi browser yang bisa kalian instal ke dalam smartphone adalah Mint Browser yang dibuat oleh Xiaomi. Mengapa kami merekomendasikan kalian untuk menggunakan browser tersebut? Ya! Aplikasi ini besar file instalasinya terbilang kecil, yakni hanya 6,6 MB.

Dengan begitu, kalian tidak perlu memiliki smartphone dengan internal storage hingga 128 GB jika ingin menggunakan Mint Browser. Artinya, kalian cukup membutuhkan smartphone yang memiliki internal storage berkapasitas 32 GB atau 64 GB.

Kami pun cukup mengerti mengapa Xiaomi pada akhirnya menawarkan Mint Browser. Alasan utama yang cukup masuk akal karena pabrikan smartphone asal Cina ini sangat sering menawarkan perangkatnya yang ditujukan untuk pengguna low-end dan mid-end.

Sebagai perbandingan, jika kalian ingin menggunakan alternatif aplikasi browser lainnya, seperti Microsoft Edge, kalian harus rela menyediakan alokasi penyimpanan sebesar 76 MB. Tentu saja, Mint Browser yang dikembangkan oleh Xiaomi lebih menarik.

Sayangnya, untuk menemukan aplikasi ini di Play Store tidak mudah. Kami sendiri baru bisa mengaksesnya via AndroidPolice, PhoneArena, atau langsung dari APKPure. Sekali lagi yang perlu kalian ingat, aplikasi browser ini dibuat oleh Xiaomi dan jangan install aplikasi yang salah.

Halaman utama Mint Browser menampilkan bilah pencarian Google yang berada di bagian atas. Aplikasi ini juga menyediakan shortcuts untuk mengakses Google, situs Xiaomi dan sebagainya. Di bagian bawah ada ikon mikrofon untuk permintaan pencarian lewat suara yang menggunakan database Google.

Baca juga

Berbicara soal kecepatan, Mint Browser juga tak kalah cepat dibandingkan dengan Google Chrome dan Microsoft Edge. Untuk urusan pinch and zoom juga bisa berjalan mulus. Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Incognito dan Reading serta Dark Mode. Menarik bukan?

Comments

Populer