Xiaomi Awali Tahun Baru dengan Merilis Sepeda Pintar YunBike C1

Mimpi Xiaomi untuk menjadi produsen perangkat serba pintar semakin nyata. Selain menciptakan smartphone, tablet, dan smartband, Xiaomi juga sudah merilis TV, water purifier, air purifier, dan hoverboard bernama Ninebot. Untuk melengkapi jajaran produknya, Xiaomi juga merilis sepeda pintar YunBike C1.

Smart bike ini dibuat bekerjasama dengan sebuah startup bernama Yunmake. Sebelumnya Xiaomi menggelontorkan dana 10 juta Yuan sebagai dana investasi untuk Yunmake merancang smart bike. Kerjasama tersebut melahirkan satu divisi bernama YunBike dengan produk pertamanya, YunBike C1.

yunbike

Smart bike ini memiliki motor elektrik berdaya 36 volt dan 180 watt. Saat dikendarai, YunBike C1 dapat menempuh jarak 25 km/jam. Tidak ketinggalan, sepeda ini juga dibekali gearbox dengan lima tingkat kecepatan, accelerometer, dan gyroscope.

Untuk beroperasi, YunBike C1 mengandalkan baterai besutan Samsung dengan daya 5.100 mAh. Saat terisi penuh, pengguna bisa menggunakannya hingga jarak 55 km. Setelahnya baterai habis, pengisian dapat dilakukan maksimal selama tiga jam.

Di bagian setang terdapat sebuah handlebar yang dilengkapi Bluetooth. Dengan begitu penggunanya dapat menghubungkan sepeda dengan smartphone untuk beragam fungsi, seperti speedometer, maps, traffic, hingga mengetahui status baterai.

(last edit: 4 January, 2016 / 9:55 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
39%
Mau
58%
Biasa Aja
0%
Payah!
3%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.