/ Xiaomi

Xiaomi akan Rilis Lebih Banyak Smartphone dengan Layar AMOLED Samsung

Dua raksasa elektronik asal Korea Selatan, yakni Samsung dan LG terus berkompetisi di industri layar untuk menyajikan perangkat smartphone yang berkulitas di mata konsumen. Namun, hingga saat ini Samsung bisa dibilang lebih perkasa di bandingkan LG.

Terbukti, layar AMOLED milik Samsung banyak digunakan oleh produsen smartphone lain, salah satunya Xiaomi. Kabar yang beredar, ada satu juta layar AMOLED 6 inci milik Samsung yang akan digunakan oleh Xiaomi hingga akhir tahun ini. Dan selanjutnya, pada Januari 2018 jumlahnya akan melonjak hingga 2,2 juta unit.

Kesepakatan antara Xiaomi dengan Samsung ini akibat kegagalan LG yang tidak sanggup memenuhi permintaan produsen smartphone asal Cina tersebut. Awalnya, Xiaomi ingin menggunakan layar fleksibel OLED 5,5 inci milik LG. Namun, LG baru bisa memproduksinya tiga bulan kemudian dari waktu permintaan awal.

Xiaomi sendiri telah menggunakan panel AMOLED milik Samsung pada Mi Note 2 dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel). Diperkirakan layar AMOLED yang digunakan pada Mi Note generasi terbaru nantinya akan menggunakan resolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel).

Namun, belum ada informasi yang bisa dianggap valid, apakah Xiaomi nantinya mengadopsi layar AMOLED fleksibel atau datar, sehingga tidak jelas juga apakah Mi Note terbaru yang saat ini masih dalam penggarapan akan menggunakan layar melengkung di kedua sisinya atau tidak.

Dengan adanya kerjasama ini, sekali lagi membuktikan bahwa Samsung memang bisa dikatakan sebagai salah satu produsen elektronik yang mampu memproduksi layar berkualitas. Kabar lainnya, Apple pun juga kepincut untuk menggunakan layar AMOLED milik Samsung di iPhone 8. Jumlahnya mencapai puluhan juta.

(last edit: 18 July, 2017 / 2:48 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
77%
Mau
1%
Biasa Aja
8%
Payah!
16%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.