X1, Smartphone Android One Kedua Racikan Sharp

Pada gelaran Google I/O 2017 lalu, secara resmi Google mengumumkan kehadiran Android Go. Namun, hal ini dilakukan Google bukan untuk menggantikan Android One yang sudah diperkenalkan beberapa tahun lalu. Android Go hadir untuk mengincar pasar entry-level, berbeda dengan Android One yang mengincar pasar mid-range.

Terkait dengan hal itu, baru-baru ini pabrikan smartphone Sharp mengumumkan kehadiran perangkat barunya yang mengadopsi Android One dan diberi nama Sharp X1. Namun, Sharp X1 bukanlah Android One pertama di Jepang, sebelumnya Sharp pada tahun lalu juga telah meluncurkan smartphone Android One pertamanya, Aquos 507SH.

Memiliki bentang layar 5,3 inci, Sharp X1 dikemas dengan resolusi Full HD dan mengadopsi teknologi IGZO. Untuk dapur pacunya, Sharp membenamkan chipset Snapdragon 435 yang dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB serta internal storage berkapasitas 32 GB.

Bagaimana jika smartphone Android One racikan Sharp ini digunakan untuk memotret? Sharp X1 telah dibekali kamera belakang dengan resolusi 16,4 MP plus LED flash dan kamera depan 8 MP yang sudah ditopang dengan lensa wide-angle.

Daya tarik lainnya dari X1 ini adalah dukungan sertifikasi IP68, sehingga Sharp berani sesumbar bahwa smartphone ini memiliki daya tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Smartphone ini juga sudah dibekali baterai berkapasitas 3.900 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga empat hari dalam pemakaia normal.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, sensor Fingerprint pada bagian depan, solusi pembayar digital Sony FeliCa, dan sistem operasi Android 7.0 Nougat turut disematkan ke dalam smartphone ini. Sayangnya, Sharp X1 hanya dijual secara eksklusif di Jepang lewat provider Y! Mobile.

(last edit: 3 July, 2017 / 1:03 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
65%
Mau
13%
Biasa Aja
3%
Payah!
18%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.