Wujud Asli dan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 Terungkap

Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang menantikan kehadiran Samsung Galaxy S8, maka kabar terbaru kali ini menjadi kabar baik bagi Anda. Pasalnya bocoran informasi mengenai smartphone tersebut kali ini cukup lengkap, mulai dari gambar, spesifikasi, serta tanggal lirisnya. Bocoran tersebut berasal dari Evan Blass atau @evleaks yang selama ini sering memberikan bocoran informasi valid.

Samsung Galaxy S8 akan hadir dalam dua ukuran layar, yakni 5,8 inci dan 6,2 inci. Kedua varian tersebut sama-sama memiliki pinggiran melengkung (edge screen). Panel layar yang digunakan yakni Super AMOLED dengan rasio 18,5 : 9. Layar Galaxy S8 ini juga akan dibekali pressure sensitive yang mungkin akan seperti 3D Touch pada iPhone. Anehnya, pressure sensitive tersebut hanya ada pada bagian bawahnya.

Agar dapat digunakan, smartphone terbaru Samsung ini ditenagai baterai 3.000 mAh untuk varian 5,8 inci dan 3.500 mAh untuk varian 6,2 inci. Smartphone yang menjalankan sistem operasi Android Nougat ini akan didukung chipset yang dibangun dengan proses 10nm, Qualcomm Snapdragon 835 atau Samsung Exynos generasi terbaru. Untuk mendukung kinerja smartphone, Samsung menyematkan RAM 4 GB dan memori internal berkapasitas 64 GB yang dapat diperluas dengan microSD.

Pada sektor fotografi, kamera utama Galaxy S8 tidak berbeda dari Galaxy S7, yaitu 12 MP dengan aperture f/1.7. Adapun pada bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP yang juga memiliki aperture f/1.7. Di sebelahnya, terdapat pemindai iris sama seperti Galaxy Note 7.

Satu hal yang cukup mengecewakan adalah sensor sidik jari Galaxy S8 yang ternyata ditempatkan pada bagian belakang bodi, di samping kamera utamanya. Padahal sempat dirumorkan bahwa sensor sidik jari akan ditanamkan pada layar bagian bawah. Pada bagian bawah, terdapat port USB Type-C, speaker dan pada gambar juga terlihat jack audio 3,5 mm. Adanya port ini tentu untuk menyasar konsumen yang tidak menyukai keputusan Apple menghilangkannya dari iPhone.

Evan Blass juga membocorkan waktu perilisan Galaxy S8. Smartphone ini disebut-sebut akan diluncurkan pada sebuah acara di New York pada tanggal 29 Maret 2017 dan baru akan dijual pada 21 April 2017 mendatang. Harga smartphone ini di Eropa dibanderol 799 Euro atau sekitar Rp11,4 juta untuk varian 5,8 inci. Adapun varian 6,2 inci dibanderol dengan harga 899 Euro atau sekitar Rp12,9 juta.

(last edit: 27 January, 2017 / 2:37 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
41%
Mau
10%
Biasa Aja
13%
Payah!
41%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.