Wow, Robot Ini Bisa Backflip Layaknya Manusia Sungguhan

Pengembang robot asal negeri Paman Sam, Boston Dynamics kembali memamerkan kecanggihan robot manusia yang tengah mereka kembangkan melalui video berdurasi 54 detik. Robot super pintar tersebut, tak lain dan tak bukan adalah Atlas.

Lahir sejak tahun 2013, Atlas sudah mengalami peningkatan kemampuan yang begitu signifikan. Kini, Atlas mampu berdiri seimbang dengan satu kaki, membuka pintu, berjalan di permukaan tidak rata, hingga diminta untuk membawa beban.

Apakah kemampuan Atlas berhenti sampai disitu? Rupanya tidak. Pada pembaruan kali ini, Atlas sudah dibekali beragam sensor motorik sehingga mampu melewati rintangan, seperti melompat dari balok ke balok bahkan sanggup melakukan backflip layaknya seorang atlet parkur.

Kerennya lagi, setiap gerakan yang dilakukan Atlas terlihat sangat natural. Gerakan tersebut sekilas benar-benar mirip dengan gerakan manusia sungguhan. Penasaran dengan hal itu, kalian bisa melihatnya lewat video di bawah ini.

Sebelum membuat Atlas, Boston Dynamics juga sempat mencitapkan robot berkaki empat yang bentuknya mirip seperti keledai atau kuda. Oleh Boston Dynamics, robot tersebut diberi nama SpotMini.

Memiliki tubuh berbentuk balok, SpotMini diklaim juga mampu berjalan di area yang terbilang cukup sulit. Tak hanya itu, robot ini juga sanggup membawa beban hingga 150 kg. Lantas, seperti apa bentuk SpotMini? Kalian bisa melihatnya lewat video di bawah ini.

Boston Dynamics berdiri sejak 1992 dan sempat diakuisisi oleh Alphabet pada tahun 2013 lalu. Akan tetapi, tahun ini Alphabet menjual Boston Dynamics ke perusahaan besar asal Jepang, Softbank.

Meskipun kerap mengalami peralihan kepemilikan, semua orang yang berada di dalam Boston Dynamics berjanji akan terus secara konsisten untuk menciptakan robot-robot super canggih. Kita tunggu gebrakan lainnya dari Boston Dynamics!

(last edit: 21 November, 2017 / 11:31 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
72%
Mau
0%
Biasa Aja
4%
Payah!
32%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.