Windows 10 Bisa Bedakan Wajah Kembar Identik

Windows Hello merupakan salah satu fitur baru yang ada pada Windows 10. Meski tergolong baru, Microsoft mampu membuat fitur ini dengan sangat baik. Pasalnya, face detection yang ada di dalam Windows Hello mampu mendeteksi wajah yang kembar sekalipun.

Keandalan Windows Hello dalam mendeteksi wajah yang kembar dibuktikan oleh sebuah tes yang dilakukan oleh orang Australia. Dari tes yang dilakukan, terbukti bahwa fitur face detection pada Windows Hello yang terdapat di Windows 10 mampu bekerja dengan baik bahkan untuk orang yang memiliki wajah kembar identik.

Tak hanya sebatas itu, ketika si kembar merubah penampilan mereka dengan menyesuaikan rambut atau melepas kacamatanya, Windows 10 masih dapat mengenalinya dengan sangat baik. Hal ini membuat tingkat keamanan Windows 10 cukup tinggi. Pasalnya, saudara kembar pun tidak dapat memasuki akun yang bukan miliknya walaupun wajahnya sangat mirip.

Meski begitu, hal ini masih bergantung pada kualitas kamera yang digunakan. Jika kameranya kurang mumpuni, bisa jadi Windows Hello tidak seaman yang diharapkan. Pengujian yang sudah dilakukan tersebut menggunakan notebook Lenovo Yoga 3 14". Kamera depan notebook ini sendiri memiliki kualitas (depth-sensing) tingkat menengah ke atas.

(last edit: 27 August, 2015 / 7:10 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
0%
Biasa Aja
50%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.