Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Upgrade iOS Ternyata Bisa Bikin iPhone Lemot, Inilah Alasannya!

Droidlime.com,

/

iphone SE 3

Salah satu kisah klasik yang terus dikeluhkan para pengguna smartphone khususnya iPhone adalah terjadinya lemot setelah meng-upgrade sistem operasi. Apakah Anda penah mengalami hal seperti ini? Dan benarkah meng-upgrade software bisa bikin smartphone lemot?

Dikutip dari The Verge, seorang pengguna forum Reddit belum lama ini menemukan fakta bahwa iPhone yang ia gunakan selama beberapa tahun terakhir menjadi lemot setelah upgrade OS. Dan hal yang sama juga dialami banyak pengguna lainnya. Jadi timbul kecurigaan, apakah upgrade OS pada iPhone lawas memang bisa membuat lemot?

Developer aplikasi benchmark Geekbench, John Poole, sudah meneliti performa iPhone 6s dan iPhone 7 selama beberapa waktu. Dan ia menyimpulkan bahwa penyebab kelemotan tersebut adalah baterai yang lawas dengan kondisi tidak prima. Ketika kala itu ia meng-upgrade ke iOS 10.2.1, ia mendapati iPhone 6s yang diuji mengalami “throttling” atau penyendatan performa.

iphone cpu dasher

Setelah dicari tahu lebih dalam, ia mendapati adanya penurunan kecepatan prosesor, dari yang seharusnya 1,4 GHz menjadi kurang dari setengahnya, hanya 600 MHz saja. Jelas hal ini berimbas pada penurunan performa yang sangat terasa. Nyatanya hal ini memang sengaja dilakukan oleh Apple. Tapi jangan keburu berburuk sangka.

Apple merilis iOS terbaru dengan kemampuan mendeteksi usia dan kesehatan baterai perangkat. Ketika software mendeteksi baterai smartphone tidak lagi prima dan perlu diganti, maka sistem secara otomatis bakal menurunkan kecepatan prosesor. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi performa antara prosesor, baterai, dan komponen elektrik lainnya.

Namun kebanyakan pengguna mengira smartphone mereka menjadi lemot setelah upgrade OS, sehingga mereka berpendapat harus membeli smartphone baru. Padahal seharusnya tidak demikian. Pengguna hanya perlu mengganti baterai smartphone saja, tentunya dengan baterai yang orisinil. Setelahnya, performa iPhone bakal kembali seperti sedia kala.

Apple sendiri sudah mengonfirmasi kalau upgrade OS ke versi terbaru, khususnya versi 10.2.1 atau 11.2.0 bisa menyebabkan penurunan performa untuk iPhone 6, 6s, SE, dan 7 dengan baterai lawas. Hal ini dilakukan demi menjaga kestabilan dan kesehatan komponen lainnya. Jika clockspeed prosesor tidak disesuaikan, bisa menyebabkan sistem yang tidak stabil, seperti restart, hang, atau bahkan mati.

Baca juga

Jadi, dengan fakta-fakta barusan, kini kita sudah tahu kalau meng-upgrade OS untuk iPhone generasi lama memang bisa menimbulkan kelemotan. Tapi hal ini bukan karena OS yang berat, tapi akibat baterai yang sudah harus diganti. Jadi setidaknya Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berganti iPhone. Cukup ganti baterainya saja.

Advertisement
Comments
Tech News

Inilah Negara Pertama yang Ditunjuk Samsung untuk Memasarkan Galaxy A6

Published

on

Samsung Galaxy A6 Spek
Beberapa waktu lalu render salah satu smartphone besutan Samsung, yakni Galaxy A6 dan A6+ muncul di YouTube. Sepertinya, perangkat ini memang tak lama lagi akan digulirkan oleh Samsung dan bakal hadir untuk menyasar konsumen kelas menengah. Bahkan, detail spesifikasi hardware dari salah satu Galaxy A6 Series yang bakal diluncurkan juga ikut-ikutan muncul ke internet. Adalah Galaxy A6 yang kabarnya akan dikemas dengan layar berukuran 5,6 inci dan resolusinya hanya HD+ alias 720p+. Disebut-sebut, smartphone ini akan datang dengan chipset Exynos Octa-core dan Geekbench pun telah mengungkap bahwa itu adalah Exynos 7870. Tak ketinggalan, smartphone ini juga akan dibekali RAM sebesar...
Continue Reading
Tech News

Setelah di MWC 2018, ZTE Blade V9 Kembali Muncul di TENAA

Published

on

ZTE Blade V9 Leak
Seperti Vivo, OPPO, Huawei dan juga Xiaomi, ZTE pun tak mau berdiam diri di industri smartphone pada tahun ini. Ya! Salah satu pabrikan smartphone asal Cina tersebut sedang mempersiapkan smartphone terbarunya, Blade V9. Bahkan, smartphone ini juga pernah muncul di sela-sela gelaran MWC 2018 lalu. Sebulan lebih tak terdengar suaranya, kini Blade V9 tiba-tiba kembali muncul di TENAA. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa smartphone tersebut dalam waktu dekat akan dirilis secara resmi di pasar Cina. Lewat bocoran yang terungkap, ZTE Blade V9 akan dikemas dengan layar berukuran 5,7 inci. Layaknya smartphone yang banyak bermunculan di tahun ini, Blade V9 pun...
Continue Reading
Tech News

Ayo Menerka Harga ASUS ZenFone Max Pro M1

Published

on

ASUS ZenFone Max Pro M1 2 1
ASUS secara resmi pada tanggal 23 April 2018 nanti akan memperkenalkan "amunisi" terbarunya di pasar Indonesia. Sudah diinformasikan oleh ASUS sendiri, amunisi tersebut adalah smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1. Daya tarik dari smartphone ini, ASUS mempercayakan chipset Snapdragon 636 sebagai otak utama ZenFone Max Pro M1. Seperti kita ketahui bersama, chipset ini juga telah bercokol di dalam smartphone terbaru milik Xiaomi yang belum lama ini meluncur di pasar Indonesia, yakni Redmi Note 5. Tak hanya diklaim lebih bertenaga untuk smartphone kelas menengah, chipset ini juga menawarkan efesiensi dalam penggunaan baterai. Redmi Note 5 sendiri muncul di pasar Indonesia dengan...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer