Update Aplikasi Facebook di Smartphone Agar Lebih Irit Baterai

Selain versi website, media sosial raksasa paling banyak digunakan di dunia, Facebook, juga hadir dalam bentuk aplikasi. Aplikasi Facebook tersedia untuk beragam platform, termasuk BlackBerry dan Windows Phone. Sayangnya, aplikasi Facebook dikenal rakus baterai, terlebih untuk platform iOS dan Android.

Padahal, Facebook adalah aplikasi yang hampir selalu ada di setiap smartphone saat ini. Bahkan untuk bermain game tertentu misalnya, Anda membutuhkan aplikasi Facebook terintegrasi di dalam smartphone. Namun kehadirannya seringkali membuat baterai smartphone jadi lebih cepat habis dari yang semestinya.

Baru-baru ini, Facebook menyadari dan menemukan penyebab mengapa aplikasi yang mereka kembangkan, khususnya untuk platform iOS begitu boros baterai. Hal tersebut dikarenakan adanya kode pemrograman jaringan yang mengharuskan prosesor smartphone harus terus bekerja (CPU spinning).

Menurut Ari Grant, Engneering Manager Facebook, masalah CPU spinning ibarat seorang anak yang terus bertanya "apakah kita sudah sampai" secara terus menerus saat bepergian. Pertanyaan tersebut terus terlontar dan tidak membuat perjalanan menjadi lebih cepat sampai. Menghabiskan energi namun tidak bermanfaat.

Hal lain yang menyebabkan boros baterai adalah permasalahan audio pada video yang di-upload di timeline Facebook. Ketika menonton video lalu Anda menutup aplikasi Facebook, terkadang suara dari video tersebut tetap berjalan meski tidak terdengar.

Facebook mengatasi dua masalah yang menjadi penyebab borosnya baterai smartphone tadi melalui update terbaru yang mereka rilis. Untuk itu, segera update aplikasi Facebook yang ter-install di smartphone Anda untuk menghemat baterai smartphone.

(last edit: 23 October, 2015 / 9:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
22%
Mau
11%
Biasa Aja
22%
Payah!
44%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.