Untung-Rugi Beli HP Refurbished

HP refurbished sedang menjamur belakangan ini, menyita perhatian pemburu gadget dengan harga miring yang ditawarkannya. Jika Anda sudah sepenuhnya memahami arti HP refurbished dan memutuskan untuk membelinya, inilah keuntungan dan kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan.

Harga sangat murah

Apple iPhone 5 punya harga normal sekitar Rp6 jutaan, namun iPhone 5 refurbished ditawarkan lebih murah seharga Rp3 jutaan saja. Perbedaan harga sekitar Rp3 jutaan jelas cukup berarti bagi yang sensitif dengan bujet. Bahkan harga tersebut lebih murah dibanding iPhone 5 bekas non-refurbished. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda membeli HP refurbished lainnya, harganya dipastikan jauh lebih murah.

Kinclong seperti HP baru

Salah satu daya tarik HP refurbished adalah kondisi fisiknya yang mayoritas seperti HP baru. Pasalnya, HP refurbished sejatinya adalah HP yang tidak memenuhi kualitas standar untuk dijual yang kemudian "didandani" kembali sehingga fungsi dan penampilan fisiknya mirip seperti HP baru.

Lebih rentan rusak

Tidak semua HP refurbished gampang rusak. Namun jika dibandingkan dengan HP baru non-refurbished, kemungkinan terjadi masalah atau kerusakan pada HP refurbished memang lebih besar. Alasannya seperti yang kami jelaskan pada poin di atas, HP refurbished memang produk yang pernah mengalami kerusakan atau cacat dan diperbaiki menjadi seperti baru lagi.

Harga jual kembali rendah

Kalau Anda hobi berganti-ganti perangkat, Anda akan mendapati bahwa harga jual kembali (second) dari HP refurbished jauh merosot dan bahkan akan lebih sulit laku. Di Indonesia sendiri, tidak banyak pengguna gadget yang paham arti HP refurbished. Mayoritas dari mereka juga tidak berani mengambil risiko.

Sulit klaim garansi

Sudah jadi rahasia umum bila proses klaim garansi perangkat elektronik susah-susah gampang. Ada sebgaian vendor yang bisa menanganinya dengan cepat, ada pula yang lambat dan cenderung tidak jelas. Kalau mengklaim garansi HP non-refurbished saja repot, apalagi dengan HP refurbished yang mayoritas hanya memiliki garansi toko atau distributor.

(last edit: 31 August, 2015 / 9:29 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
15%
Biasa Aja
6%
Payah!
12%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.