Umur Sony Mobile Tinggal Setahun Lagi?

Maraknya smartphone asal Cina yang berekspansi ke pasar internasional perlahan tapi pasti mulai menggerogoti segmen produsen ternama. Hal ini dialami oleh HTC, Sony, atau bahkan Samsung sekalipun yang notabene adalah rajanya smartphone.

CEO Sony, Kazuo Hirai, menargetkan Sony Mobile untuk mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu setahun ke depan. Pasalnya, bisnis smartphone Sony tak begitu menggembirakan dan cenderung turun dibanding dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kazuo Hirai menambahkan, bila Sony Mobile tak juga mendapatkan keuntungan dalam setahun ke depan, ada beberapa opsi yang bisa diambil. Kemungkinan terburuknya, Sony bisa saja melepas divisi smartphone-nya layaknya notebook VAIO atau bahkan menutup Sony Mobile.

Di negara asalnya, Jepang, Sony hanya memiliki market share 17 persen. Sementara di Amerika Serikat, market share Sony tak lebih dari 1 persen. Menyiasati hal tersebut, Sony nampak menggenjot smartphone ciptaannya dalam hal kamera, seperti Sony Xperia Z5, Xperia M5, atau Xperia C5 yang memiliki kamera beresolusi tinggi. Semoga rentetan smartphone terbaru bisa melepaskan Sony Mobile dari bayang-bayang kebangkrutan.

(last edit: 9 October, 2015 / 8:33 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
8%
Mau
3%
Biasa Aja
15%
Payah!
74%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.