Ukuran Aplikasi di Google Play Kini Lebih Kecil untuk Hemat Kuota

Di platform Android terdapat banyak aplikasi keren yang bisa didapat secara gratis. Saking banyaknya, mungkin tak terhitung ada berapa banyak aplikasi dan game yang ter-install di smartphone kita. Nah, hal yang menjengkelkan adalah saat aplikasi-aplikasi tersebut minta di-update.

Meng-update atau memperbarui versi aplikasi di Android menjengkelkan karena ukurannya yang besar. Misalnya pada aplikasi game berukuran 100 MB, jika ada pembaruan untuk aplikasi tersebut, kita harus men-download kembali dengan ukuran sepenuhnya mencapai 100 MB. Hal ini tentu sangat membuang-buang kuota internet.

Tapi kini Google sudah memperbaiki kesalahan tersebut dengan menciptakan algoritma baru bernama Delta. Hasilnya, ukuran aplikasi di Google Play bisa dikompres hingga 50 persen. Selain itu apabila ada pembaruan aplikasi, maka yang akan di-download bukan keseluruhan file yang berukuran besar, tapi hanya file update-nya saja yang perlu di-download dan di-install.

Salah satu contohnya adalah aplikasi browser Google Chrome yang tadinya berukuran 22,8 MB kini hanya 12,9 MB. Bukan hanya bisa menghemat kuota internet, algoritma baru dari Google ini juga bisa menghemat penggunaan kapasitas storage smartphone. Kini Anda tidak perlu takut kehabisan kuota untuk men-download dan meng-update beragam aplikasi dan game yang ter-install di smartphone.

(last edit: 25 July, 2016 / 10:19 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
96%
Mau
0%
Biasa Aja
4%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.