Uji Ketahanan iPhone 7, Inilah Hasilnya

Now Reading
Uji Ketahanan iPhone 7, Inilah Hasilnya

Si tukang uji ketahanan smartphone yang sudah sangat terkenal di YouTube, JerryRigEverything, kembali meng-upload video baru. Video ini sangat menarik untuk ditonton karena berisi pengujian ketahanan iPhone 7 yang baru saja dirilis Apple.

Seperti biasa, pengujian pertama dimulai dengan menggores layar iPhone 7 menggunakan pick. Layar iPhone 7 mengalami goresan saat digores pick level 6, yang artinya kekuatannya sama dengan rata-rata smartphone Android saat ini yang dilindungi Gorilla Glass 4. Namun layar ini tidak mengalami kerusakan saat dibakar selama sepuluh detik.

ip7-jerry-02

Sama seperti layarnya, tombol tombol home iPhone 7 mengalami goresan cukup dalam ketika menerima tekanan dari pick level 6. Jerry pun mengklaim kalau tombol home pada iPhone 7 terbuat dari kaca biasa, bukan lapisan safir. Hal ini kembali terjadi pada lensa kamera iPhone 7 yang tergores oleh pick level 6. Padahal Apple mengklaim lensa kameranya dilindungi oleh kaca safir.

Sementara untuk bodi belakang iPhone 7 yang terbuat dari aluminium 7000 bakal tetap mudah tergores seperti iPhone generasi sebelum-sebelumnya. Jadi Anda harus menjaga baik-baik atau melindunginya dengan casing jika tidak ingin bagian belakangnya baret-baret.

ip7-jerry

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah lightning port yang menjadi satu-satunya port pada iPhone 7. Karena bakal sering digunakan baik untuk pengisian baterai maupun mendengarkan musik, port ini mungkin berpotensi cepat longgar jika Anda menggunakannya secara kasar atau tidak hati-hati.

Pengujian terakhir, Jerry mencoba membengkokkan iPhone 7 dengan tangan kosong. Namun usaha ini gagal karena bodi aluminium 7000 yang memang cukup kuat. Dalam video memang terlihat bodi iPhone 7 jadi merenggang, terutama pada bagian layarnya. Namun nyatanya tidak bengkok atau patah. Anda bisa melihat proses pengujiannya pada video di bawah ini.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
23%
Mau
0%
Biasa Aja
19%
Payah!
58%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
11 Comments
Leave a response
  • Andri Basuseto
    September 17, 2016 at 11:09 am

    apakah hasil pengujian ketahanan ini mengindikasikan kualitas iPhone yg belum bagus? saya kira definisi kualitas berbeda pada tiap individu. saya lebih menilai ketahanan dilihat dari kesetabilan OS, Aplikasi dan hardware. seberapa buruk ketahanan case, LCD, dll dari goresan itu tidak menjadi poin penting dalam menentukan pilihan saat membeli gadget baru. bahkan merek2 china banyak yg lebih kuat di banding dgn iPhone tp buktinya juga tidak laku di pasaran.

    • andre aditya
      September 18, 2016 at 9:48 am

      Namanya jg scratch test, ketahanan OS ga ada nilai nya disini. Test ini specific membandingkan built quality. Hasilnya, scratch test bad!

      • Andri Basuseto
        September 18, 2016 at 10:07 am

        OK. katakanlah hasilnya sangat buruk, gampang gores, gampang melengkung. itu hasil akhirnya. lalu untuk apa hasil test itu? dari dulu banyak orang melakukan tes ini itu pada body iPhone. tp dr pihak Apple tidak pernah sedikitpun mau ngurusi soal case yg gampang gores, gampang melengkung,dll. Apple lebih fokus membuat iPhone tanpa peduli dgn berbagai test2 yg di lakukan banyak kritikus. Apple selalu membuat kejutan dgn masih memboyong “teknologi lama” dgn sdikit pembaruan lalu laris manis habis terjual di hari pertama. jd sejak 30 tahun lalu Apple adalah perusahaan yg keras kepala, apapun kritik dr dunia luar hanya akan di dengar lalu mereka fokus membuat produk baru bahkan masih sama dgn produk lama tanpa peduli dgn kritik dan test2 pihak lain.

      • andre aditya
        September 18, 2016 at 10:44 am

        Siapa bilang itu test untuk Apple? Scratch and bending test ini cuma hobi yg di upload ke youtube. FYI, tdk cm iPhone kok yg di test. Hasilnya untuk apa? Silahkan simak video2 nya Jerry

      • Andri Basuseto
        September 18, 2016 at 11:19 am

        saya tidak bgitu tau bahasa inggris dalam bentuk lisan. mungkin saja video ini dibuat supaya ada produk dari brand lain untuk membuat smartphone yg tahan gores, dan tahan tekanan. dan terbukti banyak produk2 china yg berhasil membuat produk jauh lebih solid dan tahan berbagai kondisi layaknya perangkat militer. tapi Apple tetaplah Apple. bahkan dr dulu di kritik tajam batrenya cepat habis, coba lihat iPhone 7 ada berapa peningkatan kapasitas batre? tidak terlalu signifikan. jadi mungkin ada benang merahnya dr berbagai test2 itu ada peluang dr brand lain untuk membuat smartphone yg jauh lebih mumpuni, karena dr pihak Apple tidak terpengaruh dr test2 itu. Apple lebih mengutamakan masukan dari pabrik2 pembuat komponen iPhone ketimbang masukan dari pengguna dan kritikus. hal ini sudah terjadi lama saat Steve Jobs ngotot pokoknya Machintosh harus pake CPU merek ini padahal itu tidak laris. dan ini seperti penyakit keturunan hingga sekarang.

      • andre aditya
        September 18, 2016 at 12:54 pm

        Jerry menjelaskan kalau menguji ketahanan hp adalah hobi nya, itu inti dari video nya bro, nothing else. Period 🙂

      • Andri Basuseto
        September 18, 2016 at 1:13 pm

        ya itu kan videonya jery. lalu kan masih banyak video2 lain yg menguji bukan karena hoby. ada orang menguji untuk maksud menjatuhkan brand tertentu, ada orang menguji untuk melihat ketahanan, ada orang menguji untuk perbaikan kelemahan2, ada juga yg menguji karena perbandingan dr beberapa merek lebih kuat yg mana. kadang orang menonton berpedoman pada hasil test, bukan pada niat pengujian. lalu dari hasil test itu di komentari oleh berbagai pihak, termasuk saya.

      • andre aditya
        September 18, 2016 at 1:25 pm

        Cm meluruskan komentar yg melenceng dari isi artikel. Dan ini semakin melebar haha

      • Andri Basuseto
        September 18, 2016 at 1:36 pm

        justru saya lurus. tidak melenceng. kan judulnya “uji ketahanan lalu ini hasilnya” nah, saya berkomentar pada hasilnya, dan riwayat masa lalu Apple bagaimana perusahaan itu di serang berbagai pihak dengan hasil2 test. yg memang produk Apple bukanlah produk terbaik dr sisi hardware. dan seperti komentar saya paling atas definisi kualitas berbeda pada tiap individu. salam.

      • Billy Clinton
        September 18, 2016 at 11:42 pm

        Apple Hardcore Fanboy 🙂

      • samuel des
        September 20, 2016 at 7:17 pm

        Padahal gak pke iphone

Leave a Response