Uji Ketahanan iPhone 7, Inilah Hasilnya

Si tukang uji ketahanan smartphone yang sudah sangat terkenal di YouTube, JerryRigEverything, kembali meng-upload video baru. Video ini sangat menarik untuk ditonton karena berisi pengujian ketahanan iPhone 7 yang baru saja dirilis Apple.

Seperti biasa, pengujian pertama dimulai dengan menggores layar iPhone 7 menggunakan pick. Layar iPhone 7 mengalami goresan saat digores pick level 6, yang artinya kekuatannya sama dengan rata-rata smartphone Android saat ini yang dilindungi Gorilla Glass 4. Namun layar ini tidak mengalami kerusakan saat dibakar selama sepuluh detik.

ip7-jerry-02

Sama seperti layarnya, tombol tombol home iPhone 7 mengalami goresan cukup dalam ketika menerima tekanan dari pick level 6. Jerry pun mengklaim kalau tombol home pada iPhone 7 terbuat dari kaca biasa, bukan lapisan safir. Hal ini kembali terjadi pada lensa kamera iPhone 7 yang tergores oleh pick level 6. Padahal Apple mengklaim lensa kameranya dilindungi oleh kaca safir.

Sementara untuk bodi belakang iPhone 7 yang terbuat dari aluminium 7000 bakal tetap mudah tergores seperti iPhone generasi sebelum-sebelumnya. Jadi Anda harus menjaga baik-baik atau melindunginya dengan casing jika tidak ingin bagian belakangnya baret-baret.

ip7-jerry

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah lightning port yang menjadi satu-satunya port pada iPhone 7. Karena bakal sering digunakan baik untuk pengisian baterai maupun mendengarkan musik, port ini mungkin berpotensi cepat longgar jika Anda menggunakannya secara kasar atau tidak hati-hati.

Pengujian terakhir, Jerry mencoba membengkokkan iPhone 7 dengan tangan kosong. Namun usaha ini gagal karena bodi aluminium 7000 yang memang cukup kuat. Dalam video memang terlihat bodi iPhone 7 jadi merenggang, terutama pada bagian layarnya. Namun nyatanya tidak bengkok atau patah. Anda bisa melihat proses pengujiannya pada video di bawah ini.

(last edit: 21 September, 2016 / 7:29 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
26%
Mau
0%
Biasa Aja
19%
Payah!
56%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.