Uji Kamera Smartphone Terbaik 2014

Banyak smartphone flagship terlahir selama tahun 2014 ini. Selain menawarkan spesifikasi tinggi, smartphone flagship juga memiliki kamera kelas atas dengan kualitas yang dapat menyaingi kamera saku digital.

Hingga penghujung tahun 2014 ini, kami menyimpulkan ada tiga smartphone yang datang dengan kamera terbaik di kelasnya. Mereka adalah Sony Xperia Z3, Apple iPhone 6, dan Samsung Galaxy Note 4. Untuk mendapatkan pemenang di antara ketiganya, kami pun melakukan pengujian perbandingan kamera menggunakan Sony Xperia Z3 Compact, Apple iPhone 6 Plus, dan Samsung Galaxy Note 4.

Perbedaan resolusi yang mencolok

iPhone 6 Plus adalah smartphone canggih, dan semua orang sudah mengetahuinya. Namun banyak yang tidak menyangka bahwa jagoan baru Apple ini hanya memiliki kamera 8 MP saja. Padahal, lawan-lawannya seperti Sony Xperia Z3 Compact atau Samsung Galaxy Note 4 masing-masing memiliki resolusi 20,7 MP dan 16 MP.

Dari perbedaan resolusi yang mencolok tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya resolusi bukanlah satu-satunya hal yang menentukan baik buruknya kualitas kamera sebuah smartphone. Teknologi dan fitur yang dimiliki masing-masing kamera smartphone juga memiliki peranan sangat penting dalam menentukan kualitas foto.

Kaya fitur vs kemudahan penggunaan

Ketiga smartphone yang kami uji ini memiliki cukup banyak perbedaan fitur. Sony Xperia Z3 Compact dan Samsung Galaxy Note 4 memiliki jauh lebih banyak pengaturan kamera dibanding iPhone 6 Plus. Memotret menggunakan iPhone 6 Plus tak memerlukan banyak pengaturan. Anda hanya perlu memilih mode kamera, lalu bidik dan jepret objek yang dikehendaki.

Pada Xperia Z3 Compact dan Galaxy Note 4, Anda akan menemukan banyak pengaturan sebelum memotret. Anda bisa mengatur dan memilih mode kamera, white balance, efek warna, nilai ISO, hingga nilai exposure. Karenanya, di atas kertas seharusnya Anda bisa lebih mudah menciptakan foto unik dan menarik menggunakan kamera keduanya.

Foto outdoor

Pengujian kamera yang kami lakukan pertama kali yakni memotret di luar ruangan. Pemotretan dilakukan dengan kondisi dan waktu yang sama, juga menggunakan mode kamera yang sama, yaitu Auto. Cukup sulit membandingkan kualitas kamera ketiga smartphone jago foto ini, karena seluruhnya mampu menunjukkan kualitas terbaiknya.

Dari foto di bawah ini, terlihat kamera Galaxy Note 4 mampu hasilkan gambar tajam dan warna sesuai dengan aslinya. Sementara kamera iPhone 6 Plus ada di urutan kedua, mampu hasilkan foto lebih tajam dari Xperia Z3 Compact.

Foto indoor dan macro

Memotret di dalam ruangan lebih mudah dilakukan menggunakan iPhone 6 Plus dan Galaxy Note 4 karena keduanya dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilizer) yang mampu menghasilkan gambar terang meski cahaya kurang. Sementara untuk memotret objek dari jarak dekat (kurang dari 10 cm) lebih mudah dilakukan menggunakan Galaxy Note 4 dan Xperia Z3 Compact. Sementara kamera iPhone 6 Plus memiliki jarak fokus lebih jauh sehingga Anda tak bisa memotret dari jarak terlalu dekat.

Night mode

Lagi-lagi, kamera milik Galaxy Note 4 mampu tampilkan hasil paling tajam saat memotret di malam hari. Dibanding kamera iPhone 6 Plus dan Xperia Z3 Compact, hasil kamera Galaxy Note 4 menyerap cahaya yang cukup sehingga perbedaan warna lampu di area tengah dan samping kanan kiri terlihat jelas.

Obyek berwarna

Kamera ketiga smartphone yang kami uji mampu menampilkan warna yang sama baiknya. Namun pada foto di bawah ini, iPhone 6 Plus menghasilkan warna yang lebih natural dan mirip aslinya. Hasil kamera Galaxy Note 4 juga terlihat baik, hanya saja sedikit lebih terang sehingga warna karpet menjadi pucat. Sementara kamera Xperia Z3 Compact menyerap warna dan cahaya terlalu banyak dibanding dua smartphone lainnya.

Macro dan bokeh

Terkadang, memotret dengan efek bokeh (blur di area sekitar objek) bisa menghasilkan foto yang terlihat sangat menarik. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone yang memiliki kamera dengan aperture (bukaan) rendah. Dalam hal memotret bokeh, ketiga smartphone yang kami coba ini adalah jagonya. Anda bisa mendapatkan hasil bokeh optimal dengan mudah.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi, baik Galaxy Note 4, Xperia Z3 (Compact), maupun iPhone 6 (Plus) memiliki kamera terbaik di kelas smartphone untuk saat ini. Jika tidak benar-benar diperhatikan, ketiganya memiliki kualitas yang setara meski resolusi masing-masing kameranya berbeda jauh.

iPhone 6 Plus menawarkan kamera siap pakai dimana Anda tak perlu banyak melakukan konfigurasi untuk memotret, sedangkan Galaxy Note 4 dan Xperia Z3 Compact menawarkan fitur dan mode foto yang lengkap yang bisa menghasilkan kualitas foto lebih baik lagi dibanding menggunakan mode Auto. Jika boleh mengurutkan, kami akan menempatkan Galaxy Note 4 di posisi teratas, diikuti iPhone 6 Plus dan Xperia Z3 Compact.

(last edit: 11 July, 2015 / 2:32 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
0%
Biasa Aja
9%
Payah!
18%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.