Connect with us
ASUSVIVOBOOK
Tech News

Uji Durabilitas ini Membuktikan P20 Pro Sebagai Smartphone Tangguh

Updated

Huawei telah memperkenalkan smartphone andalannya, P20 Pro pada akhir bulan Maret 2018 lalu. Mampu menarik perhatian pengguna gadget, smartphone ini hadir dengan dukungan tiga kamera utama yang memiliki komposisi 40 MP + 8 MP + 20 MP.

Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini juga telah dibekali dengan selfie camera yang memiliki resolusi 24 MP. Melihat dukungan kamera yang disematkan, cukup pantas jika akhirnya Huawei P20 Pro ini dinobatkan oleh DxOMark sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Hasil pengujiannya mencapai skor 109 poin.

Tak hanya itu, Huawei juga membenamkan hardware yang bisa dibilang sangat bertenaga. Untuk dapur pacunya, Huawei P20 Pro ditenagai dengan chipset Kirin 970 Octa-core dengan clock speed 2,4 GHz. Chipset ini juga masih dipadukan dengan RAM 6 GB, ROM 128 GB serta baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Jika unggul dalam sisi kamera dan spesifikasi hardware yang dibenamkan, bagaimana dengan durabilitas dari Huawei P20 Pro ini? Lagi dan lagi, adalah Zack dari kanal JerryRigEverything di YouTube yang menguji langsung ketahanan smartphone premium besutan Huawei ini.

Seperti ia menguji tahapan ketahanan banyak smartphone premium lainnya, P20 Pro juga tak lolos dari tangan Zack untuk digores. Hasilnya, layar P20 Pro baru bisa tergores setelah pada level tekanan goresan 6 Mohs. Dan pada level tekanan 7 Mohs, goresan di layar semakin dalam dan terlihat jelas dengan mata telanjang.

Tahapan selanjutnya, Zack juga mengores seluruh sisi bingkai logam P20 Pro dan beberapa modul lainnya, seperti kamera depan, kamera belakang, lubang speaker dan juga tombol Home yang terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari. Hasilnya, meskipun tergores, namun tidak ada kerusakan yang berarti alias masih bisa dioperasikan.

Zack juga mencoba pengujian daya tahan perangkat terkait dengan rasa panas. Seperti biasa, pengujian untuk tahap ini dilakukan dengan cara membakar layar menggunakan lighter. Hasilnya, layar smartphone ini hanya bertahan selama 20 detik dan setelahnya timbul bercak hitam yang tidak bisa dihilangkan.

Terakhir, pengujian durabilitas yang dilakukan oleh Zack adalah mencoba menekuk P20 Pro. Setelah dilakukan dengan sekuat tenaga, hanya di area layar yang terlihat ada sedikit masalah, yakni layar menjadi pecah. Cukup mengejutkan, selain mudah tergores, sepertinya layar P20 Pro juga mudah pecah.

Baca juga

Meski begitu, Zack menilai bahwa secara keseluruhan Huawei P20 Pro dianggap sebagai smartphone yang “tangguh”. Pasalnya, meskipun layarnya sudah pecah akibat ditekuk, smartphone ini masih bisa dioperasikan dengan normal. Bagaimana menurut Anda?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.