/ Apple

TrendForce: Apple Akan Kangkangi Samsung pada Kuartal Keempat 2017

Belum lama ini kami telah memberitakan hasil riset dari Canalyst terkait dengan lima produsen smartphone papan atas dunia yang memiliki pangsa pasar terbesar pada kuartal ketiga 2017. Tercatat, Samsung masih jadi yang perkasa dengan pangsa pasar sebesar 22 persen.

Rupanya, laporan yang sama juga dirilis oleh TrendForce yang menyebutkan bahwa produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut pada kuartal ketiga tahun 2017 memiliki pangsa pasar mencapai 21,1 persen.

Namun, TrendForce juga memprediksi bahwa pada kuartal keempat di tahun yang sama Samsung akan merosot ke peringkat kedua dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 18,2 persen. Kursi panas tersebut nantinya akan diduduki oleh Apple yang memiliki pangsa pasar sebesar 19,1 persen.

Apple juara 1 Q4 2017

Pada kuartal ketiga tahun ini, Apple sendiri masih berada diposisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 11,5 persen. Ini artinya ada peningkatan yang cukup signifikan dan diperkirakan dari hasil penjualan trio iPhone terbarunya, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

TrendForce juga mencatat, peringkat ketiga dan keempat diisi oleh Huawei dan OPPO. Masing-masing produsen smartphone tersebut memiliki pangsa pasar sebesar 9,5 persen dan 7,5 persen. Peringkat kelima diduduki oleh Vivo, yakni sebesar 7,2 persen.

Sedangkan posisi keenam diduduki oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 6,6 persen. Namun, TrendForce juga memprediksi, pada kuartal keempat 2017, Xiaomi akan beranjak ke posisi kelima dengan pangsa pasar 6,6 persen dan Vivo jadi juru kunci dengan pangsa pasar 5,5 persen.

Lalu, bagimana dengan besaran atau jumlah unit smartphone yang didistribusikan? Pada tahun 2017 ini Huawei berhasil mendistribusikan sebanyak 150 juta unit smartphone. Huawei sendiri menerapkan strategi penjualan yang fokus terhadap perangkat kelas atas.

Sedangkan Samsung pada kuartal ketiga tahun ini telah mendistribusikan sebanyak 81 juta unit smartphone. Selain itu, diperkirakan pada kuartal keempat tahun ini, Samsung juga bakal menurunkan jumlah produksi untuk smartphone kelas atas yang dikembangkannya.

Berbeda dengan Samsung, Apple jutru gencar memproduksi smartphone flagship terbarunya, iPhone X yang belum lama ini diperkenalkan. Dikabarkan, Apple akan menggenjot produksi iPhone hingga mencapai 81 juta unit pada kuartal keempat 2017, dan sebanyak 33 persen untuk iPhone X.

Oleh karena itu cukup pantas jika diperkirakan Apple jadi produsen smartphone paling kuat pada kuartal keempat tahun ini. Samsung lewat Galaxy S8 dan S8+ sendiri telah melewati momen terbaik pada bulan April 2017 lalu, sehingga kokoh pada kuartal kedua dan ketiga di tahun ini.

 

(last edit: 14 November, 2017 / 3:57 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
65%
Mau
0%
Biasa Aja
19%
Payah!
28%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.