Tiga Aplikasi Penyedia Cicilan Smartphone Tanpa Kartu Kredit

Perkembangan teknologi, khususnya smartphone melesat begitu cepat. Buktinya, sebagian besar produsen memperbarui model dan kemampuan smartphone racikannya tiap setahun sekali. Hingga, mau tak mau kita sebagai pengguna terpancing untuk upgrade ke versi yang lebih baru.

Untungnya, sejumlah toko online yang ada di Indonesia menyediakan metode pembayaran secara berkala alias cicilan. Sayangnya, proses cicilan ini hanya berlaku bagi mereka yang memiliki kartu kredit.

Padahal, tak sedikit masyarakat Indonesia yang belum memiliki kartu kredit dikarenakan belum memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak bank. Melihat problematika ini, munculah startup atau perusahaan yang menyediakan cicilan tanpa kartu kredit melalui sebuah aplikasi.

Kini, dengan syarat yang jauh lebih mudah dan praktis, kalian bisa membeli smartphone terbaru dengan motode cicilan. Lantas, aplikasi apa saja yang DroidLime rekomendasikan untuk kalian yang ingin mengganti smartphone di akhir tahun ini? Berikut ulasannya!

Kredivo

kredivo

Di urutan pertama ada Kredivo. Hadir dengan moto “buy now, pay later”, Kredivo menjanjikan proses pembayaran cicilan tanpa kartu kredit yang aman dan nyaman. Selain itu, Kredivo menaruh kepercayaan penuh kepada calon pelanggannya. Hal ini terlihat dari proses pengajuan cicilan yang dilakukan secara online.

Sebelum mengajukan cicilan, kalian diwajibkan untuk menghubungkan akun Facebook yang kalian miliki dengan aplikasi Kredivo. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk mengisi data diri secara lengkap. Dalam kurun waktu 24 jam, Kredivo akan memberikan jawaban mengenai pengajuan cicilan tersebut.

Hal menarik lainnya, Kredivo memberikan opsi cicilan yang beragam. Kalian bisa memilih opsi cicilan dalam rentan waktu 30 hari atau 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan syarat mengupload slip gaji. Smartphone yang tersedia juga terbilang lengkap, sebab Kredivo telah bermitra dengan lebih dari 100 merchant dan toko online di Tanah Air.

Tak hanya menggandeng Tokopedia, Kredivo juga bermitra dengan Blibli, Bhinneka, Lazada dan masih banyak lagi yang lainnya. Apa hanya itu keunggulan Kredivo? Rupanya tidak! Sejak bulan Agustus lalu Kredivo sudah tidak lagi menarik uang muka untuk setiap perangkat atau smartphone yang ingin kalian cicil.

Sayangnya, untuk saat ini Kredivo masih menjalankan operasionalnya di beberapa kota besar saja, seperti Jakarta (Jabodetabek), Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Medan. Dijanjikan, dalam waktu dekat ini mereka akan ekspansi ke beberapa kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

https://www.kredivo.com

AkuLaku

akulaku

Layanan cicilan lainnya adalah AkuLaku. Mungkin sebagian besar dari kita sudah familiar dengan aplikasi online yang satu ini. Serupa dengan Kredivo, AkuLaku juga menawarkan program cicilan smartphone atau perangkat lainnya tanpa kartu kredit.

Perbedaan dengan Kredivo, AkuLaku masih mengharuskan pengguna layanannya untuk membayar uang muka ketika ingin mencicil sebuah perangkat. Sebelum mengajukan cicilan, kalian pun diwajibkan untuk mengisi data diri, mulai dari nama, alamat dan foto KTP.

Tak hanya itu, kalian juga diminta untuk foto bersama KTP dan mengirim rekaman suara. Jika proses pengajuan cicilan disetujui, kalian akan mendapat limit cicilan dari AkuLaku. Tentu saja, kalian tidak dapat mencicil perangkat yang diinginkan di atas limit yang telah ditetapkan.

Pembayaran cicilan dapat dilakukan dalam rentan waktu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan hingga 12 bulan. Untuk memperluas jangkauan pasarnya, AkuLaku juga telah menggandeng sejumlah toko online di Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan beberapa toko online ternama lainnya.

Satu hal yang menarik, AkuLaku telah mendukung banyak metode pembayaran, yang mana mereka juga menjamin keamanan transaksi. Tak hanya itu, AkuLaku juga berani menjanjikanrefund atau pengembalian dana/uang muka jika produk yang dibeli tidak sesuai harapan.

http://akulaku.com

Cicil

cicil

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Cicil lebih fokus untuk menjangkau mahasiswa yang ingin mencicil barang tanpa kartu kredit. Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, proses pengajuan kartu kredit dari bank tidaklah mudah dan meminta persyaratan khusus.

Tentu saja, beberapa persyaratan yang diminta oleh pihak bank atau penyedia kartu kredit terbilang berat bagi sebagian mahasiswa. Apalagi jika persyaratan tersebut terkait dengan gaji minimal yang harus dimiliki.

Melihat celah itu, aplikasi Cicil berupaya hadir untuk membantu rekan-rekan mahasiswa yang ingin memiliki smartphone impiannya. Cara kerja dari aplikasi online ini juga sangat sederhana dan dijamin tak akan merepotkan penggunanya.

Pertama-tama, kalian hanya perlu "copy-paste" URL dari item atau produk smartphone yang ingin dibeli lewat e-commerce. Selanjutnya, kalian bisa memilih periode waktu pembayaran, yakni mulai dari 1 hingga 24 bulan.

Aplikasi Cicil akan menentukan DP atau uang muka yang harus kalian bayar. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk melengkapi data diri dan membayar uang muka yang sudah ditentukan. Terakhir, kalian tinggal menunggu pengiriman smartphone yang sudah dipilih.

https://www.cicil.co.id

(last edit: 13 November, 2017 / 12:38 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
87%
Mau
3%
Biasa Aja
3%
Payah!
9%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.