Teruskan Tradisi, Sony Hadirkan Smartphone Mini Xperia X Compact

Selain mengumumkan kehadiran flagship baru Xperia XZ, Sony juga mengumumkan smartphone compact generasi barunya, Xperia X Compact. Jika biasanya smartphone compact Sony masuk kategori flagship, kini tidak lagi.

Pasalnya Xperia X Compact adalah versi mini dari Xperia X. Seperti yang kita tahu, Xperia X sendiri bukan smartphone flagship dari Sony. Karenanya bisa dikatakan kalau Xperia X Compact bakal bertarung di kelas mid-end.

Smartphone ini masih mengusung dimensi layar yang sama seperti para pendahulunya, yaitu 4,6 inci. Layar tersebut beresolusi 1.280 x 720 piksel. Sementara jeroan di dalamnya terdiri dari CPU Qualcomm Snapdragon 650 yang ditemani dengan RAM 3 GB dan baterai 2.700 mAh.

x-compact

Meski bukan yang terbaik dari sisi performa komputasi, Xperia X Compact tetap superior dalam hal kamera. Penyebabnya tak lain karena smartphone berbahan plastik ini membawa modul kamera yang sama seperti Xperia XZ.

Ya, Sony membekali Xperia X Compact dengan kamera utama 23 MP IMX 300 yang punya tiga teknologi autofocus sekaligus (laser, color, phase detection). Tapi sayangnya, meski resolusinya tinggi, Sony Xperia X Compact tidak bisa merekam video 4K. Begitu juga dengan kamera depannya yang hanya beresolusi standar 5 MP.

Sama seperti Xperia XZ, Sony bakal memasarkan Xperia X Compact pada awal Oktober nanti dengan banderol €499 (Rp7,4 juta). Smartphone ini nantinya bakal tersedia dalam tiga pilihan warna: Universe Black, Mist Blue, dan White.

(last edit: 3 September, 2016 / 11:16 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
53%
Mau
13%
Biasa Aja
2%
Payah!
31%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.