Teruskan Tradisi, Sony Hadirkan Smartphone Mini Xperia X Compact

Selain mengumumkan kehadiran flagship baru Xperia XZ, Sony juga mengumumkan smartphone compact generasi barunya, Xperia X Compact. Jika biasanya smartphone compact Sony masuk kategori flagship, kini tidak lagi.

Pasalnya Xperia X Compact adalah versi mini dari Xperia X. Seperti yang kita tahu, Xperia X sendiri bukan smartphone flagship dari Sony. Karenanya bisa dikatakan kalau Xperia X Compact bakal bertarung di kelas mid-end.

Smartphone ini masih mengusung dimensi layar yang sama seperti para pendahulunya, yaitu 4,6 inci. Layar tersebut beresolusi 1.280 x 720 piksel. Sementara jeroan di dalamnya terdiri dari CPU Qualcomm Snapdragon 650 yang ditemani dengan RAM 3 GB dan baterai 2.700 mAh.

x-compact

Meski bukan yang terbaik dari sisi performa komputasi, Xperia X Compact tetap superior dalam hal kamera. Penyebabnya tak lain karena smartphone berbahan plastik ini membawa modul kamera yang sama seperti Xperia XZ.

Ya, Sony membekali Xperia X Compact dengan kamera utama 23 MP IMX 300 yang punya tiga teknologi autofocus sekaligus (laser, color, phase detection). Tapi sayangnya, meski resolusinya tinggi, Sony Xperia X Compact tidak bisa merekam video 4K. Begitu juga dengan kamera depannya yang hanya beresolusi standar 5 MP.

Sama seperti Xperia XZ, Sony bakal memasarkan Xperia X Compact pada awal Oktober nanti dengan banderol €499 (Rp7,4 juta). Smartphone ini nantinya bakal tersedia dalam tiga pilihan warna: Universe Black, Mist Blue, dan White.

(last edit: 3 September, 2016 / 11:16 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
53%
Mau
13%
Biasa Aja
2%
Payah!
31%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.