Terungkap, Snapdragon 855 Akan Gunakan Teknologi Proses 7 nm

Qualcomm adalah salah satu produsen chipset untuk perangkat mobile yang getol merilis banyak seri Snapdragon di tahun 2017 ini. Bahkan tak sedikit produsen smartphone kepincut dengan teknologi chipset Snapdragon yang ditawarkan oleh Qualcomm.

Sebut saja Samsung yang juga getol mengadopsi chipset buatan Qualcomm pada beberapa produk smartphone seri Galaxy andalannya. Gosip yang tak kalah menarik, Samsung bahkan dikabarkan telah memborong Snapdragon 845 untuk Galaxy S9 dan S9+.

Tentu saja, ketertarikan Samsung sudah bisa ditebak, karena Qualcomm tak main-main untuk mengemas chipset tersebut. Tak sedikit yang berspekulasi, Snapdragon 845 akan menggunakan teknologi proses 10 nm, sama seperti Snapdragon 835.

Snapdragon 855 Leak George Fang

Namun, baru-baru ini kembali muncul informasi yang menyebutkan bahwa Qualcomm sedang menggarap Snapdragon 855. Informasi tersebut dilontarkan langsung oleh tipster ternama, yakni Roland Quandt.

Tak hanya itu, Quandt lewat kicauan di akun Twitter resminya, @rquandt juga menegaskan bahwa Snapdragon 855 garapan Qualcomm akan digunakan oleh banyak smartphone flagship pada tahun 2019 mendatang.

Rumor lainnya juga menyebutkan bahwa Snapdragon 855 akan menggunakan teknologi proses 7 nm. Tentu saja, dengan teknologi proses seperti itu, chipset ini akan lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya.

Sebenarnya, cuitan Quandt ini merupakan referensi dari akun Linkedin milik seorang software engineer bernama George Fang. Disebutkan, perusahaan tempat Fang bekerja dikabarkan sedang mengembangkan driver kernel Linux untuk chipset Snapdragon 855 dengan codename Hana v1.0.

Snapdragon 855 Leak Ice Universe

Bocoran lainnya datang dari i ice universe. Ia menyebutkan, Snapdragon 855 akan memiliki performa 30 hingga 40 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, chipset ini juga akan ada peningkatan dari kemampuan Artificial Intellegent dan efisiensi konsumsi baterai.

Tak hanya itu, Qualcomm juga dikabarkan akan membekali Snapdragon 855 dengan teknologi ultrasonic fingerprint scanner. Hadirnya teknologi ini memungkinkan para produsen untuk menyematkan sensor fingerprint di bawah layar.

Meskipun begitu, teknologi tersebut sebenarnya telah disisipkan pada beberapa chipset seri Snapdragon yang ada saat ini, namun kinerjanya diharapkan bisa lebih bagus. Snapdragon 855 dikabarkan akan diluncurkan secara resmi pada kuartal keempat 2018.

(last edit: 12 October, 2017 / 12:18 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
84%
Mau
8%
Biasa Aja
7%
Payah!
4%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.