/ Nokia

Tertangkap di Geekbench, Nokia 8 Sudah Jajal Android 8

iPhone 8 dan Galaxy Note 8 adalah dua smartphone yang saat ini jadi pembicaraan banyak pencinta gadget. Namun, tahukah Anda smartphone lainnya yang membawa embel-embel angka "8" dan tak kalah menarik untuk ditunggu kehadirannya?

Ya! Nokia 8 yang akan diproduksi oleh HMD Global. Gosipnya, smartphone ini baru akan diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 2017 yang akan datang. Belum juga diperkenalkan secara resmi, Nokia 8 beberapa kali bocorannya turut meramaikan jagat maya.

Kabar terbaru, smartphone yang memiliki kode penamaan Unknown Heart ini muncul di situs Geekbench dengan mengusung sistem operasi Android 8.0 alias Android O. Seperti kita ketahui, Androi O merupakan sistem operasi racikan Google yang hingga saat ini belum diluncurkan.

Tak salah jika banyak orang yang menduga bahwa Nokia 8 akan menjadi smartphone pertama di dunia yang dibekali dengan Android O. Pasalnya, Pixel 2 dan Pixel XL 2 yang merupakan dua smartphone karya cipta Google baru akan diluncurkan setelah Agustus 2017.

Nokia 8 Geekbench

Yang kontra mengenai hal itu juga tak sedikit. Mereka memperkirakan bahwa HMD Global hanya sedang melakukan uji coba pemanfaatan Android O pada perangkat Nokia 8. Namun, pada saatnya nanti smartphone itu diperkenalkan, sistem operasi yang disematkan tetap Android 7.1.1 alias Nougat.

Jika kita melihat kebelakang, Android 7.0 Nougat hadir pertama kali pada tanggal 22 Agustus 2016 untuk update pada perangkat Nexus. Selanjutnya, LG meluncurkan LG V20 dan menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan Android 7.0 Nougat dalam paket penjualannya.

Tentu saja, harapan Nokia 8 menjadi smartphone pertama dengan Android O semakin besar jika kita melihat data mengenai Android Nougat. Kabar lainnya juga menyebutkan, Android O baru akan diluncurkan secara resmi pada minggu depan dengan update pertama pada smartphone Pixel dan beberapa perangkat Nexus.

Seperti biasanya, Android terbaru akan muncul pertama kali pada update smartphone buatan Google. Namun, besar kemungkinannya Nokia 8 akan jadi smartphone non-Google pertama di dunia yang akan mendapatkan Android O secara pre-load layaknya LG V20.

Kembali ke informasi bocoran Nokia 8 di Geekbench, nampak jelas bahwa smartphone ini juga akan dipersenjatai dengan Snapdragon 835 Octa-core 1,9 GHz dan RAM 4 GB. Dengan kombinasi hardware seperti itu, Nokia 8 mampu mencapai skor 1.789 poin (single-core) dan 6.494 poin (multi-core).

(last edit: 5 August, 2017 / 11:19 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
9%
Biasa Aja
23%
Payah!
5%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.