Tersedia Awal Desember, Harga iPhone X di Brazil Bikin Garuk Kepala

Smartphone flagship terbaru Apple memang selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Hal ini berlaku untuk tiga smartphone terbaru yang dirilis Apple beberapa waktu lalu, antara lain iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Dari ketiga smartphone tersebut, iPhone X adalah yang paling disuka dan tentunya paling mahal.

Di negara asalnya sendiri, Amerika Serikat, iPhone X dibanderol seharga US$999 (sekitar Rp13 juta) untuk versi 64 GB dan US$1.149 (sekitar Rp15 juta) untuk versi penyimpanan internal 256 GB. Namun untuk pencinta iPhone X di Brazil sepertinya harus rela merogoh kocek lebih dalam.

Di sebuah toko online Apple di Brazil, harga satu unit iPhone X bisa mencapai 6.999 BRL (Brazilian Real) atau setara Rp29,2 juta. Harga tersebut hampir dua kali lipat dibanding harga penjualan iPhone X di Amerika Serikat. Kok bisa?

Membengkaknya harga smartphone dengan fitur Face ID tersebut bukanlah tanpa alasan. Usut punya usut, pemerintah Brazil memang menerapkan pajak yang cukup tinggi untuk produk impor serta undang-undang tenaga kerja yang ketat.

Di Brazil sendiri, iPhone X akan diluncurkan pada 8 Desember 2017 mendatang. Selain Brazil ada negara Amerika Latin lain yang kebagian, yakni 1 Desember di Kolombia dan 7 Desember di Chili. Namun belum diketahui berapa harga resmi untuk penjualan di Kolombia dan Chili.

(last edit: 26 November, 2017 / 5:25 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
19%
Mau
3%
Biasa Aja
10%
Payah!
68%
Tentang Penulis
Em Yopik Rifai

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan kini menjadi bagian dari tim DroidLime.