Ternak Klik, Beginilah Cara Bikin Like Palsu di Instagram

Clik farm atau peternakan klik kini menjadi model bisnis baru yang banyak muncul seiring dengan banyaknya pengguna media sosial. Bisnis ini hadir untuk membantu pihak-pihak yang ingin meningkatkan popularitasnya di media sosial, seperti menambah pengikut di Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Mirror, sebuah cuplikan video beredar di internet mengenai "clik farm" atau peternakan klik yang menggunakan lebih dari sepuluh ribu perangkat smartphone. Fokus kerja mereka yaitu meningkatkan rating halaman di media sosial melalui "like". Sejumlah perusahaan dilaporkan menggelontorkan banyak dana untuk mendapatkan like lebih banyak dengan menggunakan layanan ini.

Cuplikan video pada peternakan klik di Cina itu menunjukkan deretan smartphone yang jumlahnya cukup banyak dan terhubung ke perangkat lain di pabrik. Dikatakan ada ribuan perangkat smartphone lainnya di gedung yang sama dan semuanya dibuat untuk tujuan yang sama.

Ini semua menunjukkan bahwa apa yang ada di dunia maya tidak sepenuhnya asli. Bahkan sejumlah pihak pun sering kali memanipulasi jumlah like atau follower untuk mendongkrak popularitasnya di media sosial. Ya, jadi kira-kira seperti inilah kondisinya ketika kita membeli like atau follower di media sosial.

(last edit: 17 May, 2017 / 1:44 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
18%
Mau
1%
Biasa Aja
7%
Payah!
75%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.