Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie

Tech News

Tantang Sony, Samsung Kembangkan Sensor Kamera 1.000 fps

Droidlime.com,

/

Persaingan di industri smartphone tak hanya melulu soal desain dan chipset yang disematkan. Namun, dukungan kamera juga tak kalah sengit, terutama sensor yang digunakan oleh masing-masing pabrikan smartphone.

Jika bicara soal sensor kamera, tentu saja hal ini tak lepas dari Sony. Ya! Pabrikan elektronik asal Jepang ini punya sensor kamera yang banyak digunakan oleh produsen smartphone global. Salah satu sebab mereka memilih sensor milik Sony karena masalah inovasi yang terus digulirkan.

Sony juga menjadi yang pertama dalam mengembangkan kamera mobile dengan on-chip memory, yakni kamera Motion Eye. Menariknya, hasil pengembangan ini telah mereka terapkan ke dalam jajaran produknya sendiri, seperti Xperia XZ Premium, XZs, XZ1, dan XZ1 Compact.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa kompetisi pengembangan sensor kamera untuk perangkat mobile benar-benar sengit. Dan Sony pun mendapat rival baru, yakni Samsung yang kabarnya sedang mengembangkan teknologi sensor kamera serupa.

Besar kemungkinan, inovasi racikan Samsung ini baru akan diperkenalkankan pada bulan November tahun ini. Nantinya, jajaran keluarga Galaxy S diharapkan akan menjadi smartphone pertama yang mengadopsi teknologi sensor kamera ini.

Jika Motion Eye mampu merekam video slow motion hingga 960 fps, sensor kamera buatan Samsung justru mampu menyimpan banyak frame lebih cepat lagi, yakni hingga 1.000 fps. Perbedaan fps ini seharusnya mampu menyajikan video slow motion yang lebih dramatis.

Perlu kita ketahui bersama, Sony sendiri membangun sensornya dengan tiga lapis chip yang terdiri dari piksel, control logic, dan memory, karena streaming langsung ke RAM berjalan lambat. Berbeda dengan Sony, Samsung hanya menggunakan dua lapisan chip yang terikat ke chip DRAM.

Bisa ditebak, hal ini sengaja dilakukan oleh Samsung untuk menghindari pelanggaran hak paten tertentu. Sementara desain Samsung tidak sehebat Sony, namun perusahaan Korea Selatan ini diuntungkan dengan kepemilikan pabrik sendiri yang mampu menghasilkan sensor gambar dan chip memori.

Baca Juga

Saat ini Samsung masih menggunakan sensor kamera campuran yang mengombinasikan milik Samsung sendiri dan Sony untuk beberapa smartphone buatannya. Contoh, Galaxy S8 yang dipasarkan di Korea Selatan hadir dengan sensor kamera Samsung. Sedangkan untuk model yang dipasarkan di Amerika Serikat menggunakan sensor Sony.

Advertisement
Comments

Tech News

Qualcomm Kembangkan Snapdragon 855 dengan Fabrikasi 7nm

Published

on

Tahun ini kita bakal menyaksikan kehadiran smartphone terbaru dengan chipset flagship Snapdragon 845. Chipset satu ini menggunakan teknologi proses 10nm dan dukungan AI. Beberapa smartphone yang bakal menggunakannya antara lain Samsung Galaxy S9, Galaxy S9+, Xiaomi Mi MIX 2S, Xiaomi Mi 7, dan HTC U12. Meski Snapdragon 845 baru seumur jagung tidak membuat Qualcomm bisa bersantai-santai. Pasalnya produsen chipset ini dikabarkan sedang menggarap Snapdragon 855. Hal ini terungkap dari leakster terkenal Roland Quandt melalui akun Twitter @rquandt. Ia mengatakan bahwa Snapdragon 855 bakal jadi chipset mobile pertama dengan fabrikasi 7nm. Beberapa waktu lalu, Samsung dipercaya oleh Qualcomm untuk menangani produksi Snapdragon...
Continue Reading

Tech News

Mi MIX 2S Berpotensi jadi Batu Sandungan Galaxy S9

Published

on

Xiaomi, produsen smartphone asal Cina yang kini menduduki posisi nomor empat di pasar smartphone global dikabarkan sedang menggarap smartphone flagship terbarunya, Mi MIX 2S. Bahkan, bocoran mengenai smartphone ini sudah banyak beredar di internet. Jika menilik ke belakang, Xiaomi memperkenalkan Mi MIX generasi pertama pada akhir tahun 2016 lalu. Terlihat menarik, inilah salah satu smartphone pertama di dunia yang muncul tanpa bezel di sisi kiri, kanan dan atasnya. Setahun kemudian, Xiaomi meluncurkan Mi MIX 2. Pembenahan yang dilakukan, Xiaomi mengemas sudut Mi MIX 2 sedikit lebih membulat. Hanya saja, bezel bagian bawah masih terlihat agak tebal, dimana kamera depan juga...
Continue Reading

Tech News

Inilah Beragam Casing Resmi untuk Samsung Galaxy S9

Published

on

Kehadiran duo Galaxy S9 Series yang bakal diperkenalkan menjelang akhir bulan ini rupanya tak hanya ditunggu calon penggunanya saja, tetapi juga produsen aksesori. Salah satunya adalah produsen yang fokus untuk membuat cover atau case pelindung dari smartphone tersebut. Baru-baru ini, sebuah video yang diposting oleh Mobile Fun lewat YouTube memperlihatkan secara detail case pelindung resmi untuk Galaxy S9 dan S9+. Menariknya, mereka menggunakan unit dummy S9 dan S9+ sehingga case pelindung tersebut begitu cocok saat disematkan. Disebut-sebut pada laporan sebelumnya bahwa case pelindung resmi untuk jajaran Galaxy S9 Series dikemas dari HyperKnit, yakni sebuah bahan yang biasa digunakan untuk pakaian...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer