Tanggal Rilis, Fitur, dan Informasi Terbaru iOS 9

Bagi pengguna perangkat iOS, ada hal yang paling dinantikan yang rencananya akan hadir tahun ini. Apakah Apple iPhone 6s? Sepertinya bukan. Yang lebih patut untuk dinanti kedatangannya adalah sistem operasi terbaru yang akan memberi warna baru bagi kebanyakan pengguna perangkat Apple, yakni iOS 9.

Tanggal rilis dan kompatibilitas

Kapan iOS 9 akan dirilis? Hanya Apple yang tahu. Namun setidaknya kita bisa memprediksi dari rutinitas yang biasa dilakukan oleh perusahaan IT terbesar di dunia tersebut. Biasanya, Apple mengumumkan produk terbarunya di bulan September. Jadi kemungkinan besar, iOS 9 bakal dirilis di bulan ke-9 tahun ini.

ios9 compatibility 300x153

Perangkat apa saja yang bakal kebagian mencicipi iOS 9? Jangan khawatir. Cukup banyak perangkat yang bakal bisa merasakan sistem operasi terbaru Apple tersebut. Anda pengguna iPhone 4s hingga iPhone 6 Plus bisa menikmatinya. Sementara pengguna iPad Mini 1, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad Air, iPad Air 2, hingga iPod Touch 5th-gen juga kebagian.

Ukuran lebih bersahabat

Nampaknya Apple sudah belajar banyak dari "kesalahannya" ketika mengembangkan dan merilis iOS 8 akhir tahun lalu. Dengan tampilan lebih menarik, iOS 8 ternyata mengonsumsi begitu banyak storage. Pengguna perangkat iOS yang ingin meng-install iOS 8 harus merelakan storage 4,5 GB terpakai oleh OS. Pada iOS 9 nanti, kapasitas storage yang dibutuhkan jauh lebih kecil, yakni hanya 1,3 GB saja.

Siri, Apple Pay, dan Apple Maps yang lebih baik

iOS 9 membawa peningkatan cukup signifikan bagi tiga fitur utama yang dimiliki setiap iPhone dan iPad, yakni Siri, Apple Pay, dan Apple Maps. Siri kini semakin pintar, bisa memberikan jawaban lebih luas atas pertanyaan yang dilontarkan. Siri bisa mencari data tentang dokumen, foto, hingga video yang Anda simpan dalam perangkat. Siri juga bisa memberikan jawaban atau sugesti tentang hal yang biasa Anda lakukan bahkan ketika Anda tidak menanyakannya.

ios9siri 300x150

Sementara untuk fitur Apple Pay dan Apple Maps, Apple sudah menambah jumlah database yang dimilikinya. Apple Pay bisa digunakan di lebih dari 2.500 toko dan bank di Amerika Serikat. Begitu pun dengan Apple Maps yang kini sudah memiliki database layanan transportasi umum dengan lebih luas. Sayangnya, peningkatan tersebut tak berguna untuk pengguna di Indonesia.

Aplikasi bawaan terbaru

Apple turut menyertakan aplikasi baru di dalam bundle iOS 9. Aplikasi Notes kini diperbarui dengan kemampuan lebih kaya. Notes pada perangkat iOS kini mendukung fungsi checklist, foto, hingga coretan manual (sketch). Catatan yang Anda buat juga bisa tersinkronisasi otomatis dengan perangkat iOS lain yang Anda miliki.

notes-ios-9

Tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan smartphone atau tablet untuk mencari berita terkini. Untuk itu, Apple menyertakan aplikasi baru bernama News. Dengan tampilan menarik, News dapat menyajikan ragam pilihan berita dari seluruh penjuru dunia.

newss ios9

Yang tak kalah menarik adalah aplikasi CarPlay. Tak sedikit orang yang menjadikan iPhone miliknya sebagai alat navigasi atau GPS. Aplikasi CarPlay bisa menjadi copilot yang akan membantu Anda mengemudi dengan tampilan sederhana dan interface yang mudah digunakan.

carplay ios9

Lebih cepat, lebih aman

Dari sisi keamanan, Apple kini telah meningkatkan sistem penggunaan passcode yang biasa digunakan untuk membukan lockscreen. Sebelumnya, jumlah digit yang bisa digunakan untuk membuat passcode hanya empat. Pada iOS 9, jumlah digit tersebut bertambah menjadi enam digit yang tentunya semakin sulit untuk dijebol.

Lebih jauh, ketika Anda berganti perangkat iOS dan ingin menggunakan aplikasi browser misalnya, Anda diwajibkan untuk mengisi kode autentikasi. Jadi, total ada dua sistem keamanan yang harus Anda lewati, yakni passcode dan kode autentikasi.

6-passcode

Sementara dari sisi baterai, iOS 9 dirancang dengan lebih efisien. Dampaknya, Apple mengklaim perangkat berbasis iOS 9 bakal memiliki daya tahan baterai sekitar satu jam lebih lama dibanding ketika menggunakan iOS generasi sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah fitur Low Power yang dapat mematikan beberapa fungsi ketika kapasitas baterai tersisa 20 persen.

Apple juga mengklaim telah meningkatkan dukungan terhadap engine Metal yang bertugas mengolah grafis pada perangkat iOS. Hasilnya, perangkat berbasis iOS 9 bisa merasakan efek animasi yang lebih halus, contohnya ketika bermain game, browsing, hingga membaca dokumen PDF.

Memanjakan pengguna iPad

Mungkin ini adalah hal yang bakal begitu dinanti pengguna perangkat iOS, khususnya iPad. iOS 9 memungkinkan pengguna iPad untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan bersebelahan. Misalnya, Anda bisa browsing sembari membuat catatan atau membukan aplikasi Maps.

splitview ios9

Mirip seperti perangkat Android kelas atas dari Samsung, iPad kini mendukung fungsi Pincture in Picture. Ketika menelepon menggunakan Facetime atau menonton video, Anda tinggal menekan tombol Home untuk membuat tampilan video mengecil. Lalu Anda bisa menjalankan aplikasi lain sembari tetap menonton video yang sedang diputar.

pip ios 9

Fitur SlideOver mirip seperti apa yang dimiliki oleh Windows 8. Saat menjalankan satu aplikasi tertentu, Anda bisa menyeret tepian layar iPad untuk membuka satu aplikasi lainnya dengan jendela yang lebih kecil. Dengan begitu Anda bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan mudah.

slideoverrr ios9

Keyboard baru mendukung multitouch

Keyboard juga mnejadi hal yang turut diperhatikan oleh Apple. Pada iOS 9, keyboard dirancang dengan tampilan baru plus fitur yang mungkin akan semakin memudahkan penggunaan. Contohnya seperti pilihan shortcut serta dukungan Multi-Touch gesture. Anda bisa menyeleksi teks ketika mengetik dengan menyapu keyboard menggunakan dua jari. Mirip seperti menggunakan mouse.

Folder foto lebih rapi

Memisahkan foto dan membuat folder foto bisa dilakukan dengan cukup mudah pada iOS 7 maupun iOS 8. Namun pada iOS 9, folder foto akan dibuat secara otomatis sehingga Anda tak perlu repot lagi saat mengelompokkannya. Folder foto yang akan disediakan secara otomatis adalah folder screenshot dan foto selfie.

Menyambut hangat pengguna Android

android move to ios 300x150

Anda pengguna setia Android yang sedang ingin mencoba iOS? Jangan khawatir. Dalam rangka "mengajak" pengguna Android yang ingin berpaling atau sekadar mencoba iOS, Apple menyediakan aplikasi Move to iOS yang bisa di-download secara terpisah. Aplikasi tersebut bakal membantu Anda memindahkan dan mencocokkan segala data dan aplikasi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Misalnya history browser, akun email, foto, video, musik, wallpaper, hingga aplikasi yang ter-install.

(last edit: 20 July, 2015 / 6:59 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
86%
Mau
14%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.