Tampilan Android N 7.0 kok Makin Mirip iOS?

Samsung Galaxy S7 dan LG G5 adalah dua smartphone Android teratas saat ini yang segera dipasarkan secara global. Selain menawarkan hardware dan fitur kelas atas, kedua smartphone flagship ini juga sama-sama menawarkan UI yang sedikit berbeda, yaitu tanpa App Drawer.

User interface Android tanpa App Drawer ini rumornya juga akan menjadi standar pada sistem operasi Android N 7.0 mendatang. Tanpa App Drawer, user interface Android bakal terlihat seperti iOS dimana rentetan ikon aplikasi langsung terpampang di halaman utama.

Bagi sebagian pengguna Android, khususnya smartphone Cina seperti Xiaomi atau Meizu mungkin sudah terbiasa dengan user interface yang tidak memiliki App Drawer. Ketiadaan App Drawer juga bukan sebuah masalah besar karena pengguna bisa men-download aplikasi launcher lain di Google Play.

Namun bagi Google sendiri, App Drawer yang sejatinya sudah ada sejak sistem operasi Android pertama kali diperkenalkan sebenarnya sudah menjadi ciri khas. Jika benar-benar hilang, maka Google seperti kehilangan jati diri dan semakin mengikuti iOS.

Kabar menghilangnya App Drawer di sistem operasi Android N 7.0 juga diperkuat dengan beredarnya sebuah video Google Maps terbaru dari Google. Dalam video tersebut, aplikasi Google Maps yang akan didemokan ada di halaman utama smartphone bersama aplikasi Google lainnya. Sementara tiga ikon di sisi bawah pun tidak menunjukkan adanya ikon untuk mengakses App Drawer.

(last edit: 29 February, 2016 / 9:55 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
25%
Mau
3%
Biasa Aja
22%
Payah!
51%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.