Susun Strategi Baru, MediaTek Garap Chipset Helio P40

Seperti kita ketahui bersama, MediaTek merupakan salah satu produsen chipset yang produknya banyak digunakan oleh pabrikan smartphone di dunia. Sayangnya, chipset yang diproduksi oleh MediaTek sangat identik untuk smartphone kelas bawah dan menengah.

Tak bisa dipungkiri, chipset kelas atasnya pun belum begitu dilirik oleh produsen smartphone yang getol menelurkan perangkat premium alias flagship. Boleh dikatakan, untuk urusan chipset kelas atas, Qualcomm adalah rajanya.

Menariknya, baru-baru ini Media kembali mengembangkan chipset kelas menengah yang diberi nama Helio P40. Berdasarkan bocoran dari orang dalam, dikatakan MediaTek akan mengubah strateginya sehubungan dengan kehadiran Helio P40.

Disebutkan, yang biasanya MediaTek memproduksi chipset dengan banyak core, kini akan dikurangi. Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Helio P40 akan dirancang dengan desain hexa-core dan bukan octa-core.

Penjabarannya, dua core yang hadir pada Helio P40 berupa Cortex-A73 yang dikenal memiliki kinerja tinggi dan empat core sisanya adalah Cortex-A53. Helio P40 sendiri akan dikembangkan dengan menggunakan teknologi proses 12nm.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai GPU apa yang akan dipasangkan dengan chipset yang satu ini. Diperkirakan, Helio P40 akan menjadi pesaing dari chipset racikan Qualcomm, yakni Snapdragon 660 yang kini merajai dikategori kelas menengah.

Rumor lainnya yang beredar terkait dengan kehadiran Helio P40, MediaTek dikabarkan sedang mengadakan pembicaraan dengan sejumlah produsen smartphone di Cina, seperti OPPO, Xiaomi, Gionee, dan Vivo.

Diperkirakan Helio P40 baru akan hadir pada kuartal pertama 2018. Sedangkan pada kuartal keempat tahun ini, MediaTek akan merilis Helio P23 dan Helio P30. Pertanyaannya, apakah nantinya Helio P40 mampu membuat MediaTek lebih bersinar di industri ini? Kita tunggu saja.

(last edit: 6 September, 2017 / 1:57 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
59%
Mau
0%
Biasa Aja
38%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.