Connect with us
ZFMAX-Pro
Tech News

Sukses Galang Dana, Smartphone Super Aman Ini Meluncur Awal 2019

Droidlime.com,

/

Librem 5

Purism merupakan produsen teknologi asal San Fransisco yang fokus menghadirkan perangkat-perangkat dengan tingkat keamanan tinggi. Walau masih berumur tiga tahun, Purism telah sukses menciptakan sejumlah laptop dan sistem operasi.

Kini, kabarnya Purism sedang sibuk merakit perangkat baru yakni, sebuah smartphone bernama Librem 5. Masih dengan moto yang sama, smartphone ini lebih mengedepankan sisi keamanan dan privasi penggunanya.

Untuk mewujudkan smartphone tersebut, Purism membuka kesempatan bagi para penggemarnya untuk menggalang dana. Diluar dugaan, dana terkumpul dengan cepat dan jumlahnya mencapai sekitar $US 1,5 juta atau setara dengan Rp 19,5 miliar.

Librem 5 2

Lewat dana tersebut, Purism pun berjanji akan segera merilis Librem 5. Sayangnya, smartphone tersebut baru akan meluncur pada awal tahun 2019. Mengapa begitu lama? Disebutkan, perangkat yang dikembangkannya ini mesti melewati sejumlah pengujian, salah satunya soal keamanan.

Bicara soal sistem operasi, Librem 5 nantinya akan dikemas menggunakan Pure OS. Ini adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dikombinasikan dengan tools GNU. Sistem operasi ini dipercaya memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih ketat dibanding sistem operasi lainnya.

Tak hanya itu saja, sistem operasi ini juga digadang-gadang sudah dibekali beberapa aplikasi wajib yang ada di dalam sebuah smartphone, seperti dialer, kirim pesan singkat atau SMS, e-mail, browser, kamera dan lain sebagainya.

Selain itu, pihak Purism juga berjanji akan menggandeng sejumlah apps developer. Hal ini bertujuan agar para pengembang aplikasi tersebut mau merilis aplikasi-aplikasi yang dikembangnnya bisa berjalan diatas Pure OS.

Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi berbasis HTML 5, seperti Twitter, Facebook dan Google Maps hanya dapat diakses melalui web browser saja. Rencananya, Purism juga akan membatasi hal itu untuk kawasan tertentu saja.

Dalam upaya menciptakan ekosistem yang aman, prosesor pada Librem 5 akan diletakkan secara terpisah. Selain itu, prosesor milik Librem 5 juga berbeda dengan smartphone Android ataupun iOS. Ya, Librem 5 menggunakan prosesor i.MX 8 dan NXP.

Lewat arsitektur semacam ini memungkinkan sang produsen untuk menyematkan switch guna mengontrol sejumlah komponen yang ada, seperti kamera, modem, Wi-Fi, Bluetooth, mikrofon dan beberapa komponen lainnya.

Hal menarik lainnya, Librem 5 nanti juga dapat dioperasikan dengan mouse, keyboard, serta monitor layaknya sebuah komputer desktop. Tentu saja, cara ini mengingatkan kita dengan Samsung Dex yang diperkenalkan bersamaan dengan hadirnya Galaxy S8 dan S8+.

Terkait dengan spesifikasi dan desain, Librem 5 akan hadir dengan layar berukuran 5,5 inci dan dukungan RAM sebesar 3 GB serta internal storage berkapasitas 32 GB. Dukungan lainnya adalah GPU Vivante dan smartphone ini juga tetap menyertakan slot microSD serta Jack Audio 3.5 mm.

Advertisement
Comments
Tech News

OnePlus Bakal Tanam Fitur Super Slow-mo di OnePlus 6

Published

on

OnePlus 6 Leak
OnePlus memberikan bocoran terbaru bahwa mereka akan merilis senjata utamanya di tahun ini, OnePlus 6 pada tanggal 16 Maret 2018. Bahkan, disebut-sebut di saat yang bersamaan mereka juga akan memperkenalkan OnePlus 6 edisi terbatas Marvel Avengers. Sudah barang tentu, edisi Avengers sengaja dihadirkan dengan tujuan untuk menggoda para penyuka super hero besutan Marvel. Sayangnya, hanya baru terungkap bahwa OnePlus 6 edisi terbatas Marvel Avengers nantinya akan memiliki desain tekstur bodi yang berbeda dengan versi standar. Ya! Begitulah cara OnePlus untuk menggoda pencinta gadget agar nantinya OnePlus 6 ini benar-benar dimiliki oleh konsumen. Cara yang sama juga mereka lakukan untuk memperlihatkan beberapa...
Continue Reading
Tech News

70 Juta Unit Moto G Series Sudah Berhasil Dijual Motorola

Published

on

Moto G6 Plus 1
Motorola pada tanggal 20 April kemarin telah merilis Moto G6 Series dan Moto E5 Series secara bersamaan di Brasil. Di saat yang sama, Motorola juga menegaskan bahwa mereka menargetkan penjualan Moto G6 Series yang menyasar segmen kelas menengah sebanyak 30 juta unit hingga akhir tahun 2018. Wajar jika Motorola menentukan target penjualan Moto G6 Series sebanyak itu. Sebab, Moto G sendiri merupakan salah satu seri smartphone besutan Motorola yang dinilai sukses dalam hal penjualan. Tercatat, dengan lima generasi sebelumnya, Motorola mengakui bahwa Moto G Series telah terjual sebanyak 70 juta unit di seluruh dunia. Dengan peluncuran jajaran terbaru, ditambah generasi...
Continue Reading
Tech News

Wajah Asli Galaxy A6+ ini Buktikan Anut Infinity Display

Published

on

Galaxy A6
Beberapa waktu lalu telah beredar penampakan Galaxy A6+ (2018). Disebut-sebut, smartphone besutan Samsung ini akan datang dengan dukungan kamera ganda di bagian belakang. Nah! Kabar terbaru, smartphone ini sudah mulai terlihat wujud aslinya. Sudah nongkrong di lembaga sertifikasi National Communications Commission di Taiwan, perangkat yang diduga kuat sebagai Galaxy A6+ memiliki nomor model M-A605G/DS. Tak hanya itu, perangkat ini juga terlihat memiliki dukungan layar Infinity Display khas Samsung. Desas-desus yang juga beredar dan jadi pembicaraan menarik para pencinta gadget, Galaxy A6+ (2018) akan memiliki resolusi layar seperti saudaranya, Galaxy A6 (2018). Namun, smartphone ini memiliki bentang layar sedikit lebih lebar,...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer