Sudah Dirilis, LG G6 Panaskan Persaingan Flagship Tahan Air

Hari yang ditunggu akhirnya tiba karena LG baru saja meluncurkan secara resmi smartphone flagship terbarunya di tahun 2017, yakni LG G6. Berkaca pada rentannya desain modular milik G5, perangkat terbaru ini memiliki desain yang solid dan frame yang terbuat dari bahan aluminium sehingga membuatnya lebih kokoh ketika digenggam.

Bagian layarnya memiliki lebar 5,7 inci yang beresolusi QHD+ atau Full Vision (2.880 x 1.440 piksel) dengan aspect ratio yang mencapai 18:9, berteknologi IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Pada bagian belakang bodi juga dilindungi oleh kaca antigores Corning Gorilla Glass 5. Selain untuk melindungi bagian belakang bodi, kaca ini juga digunakan untuk mempercantik desain LG G6. Urusan fotografi, smartphone ini dilengkapi dengan dual-camera utama 13 MP yang memiliki fungsi wide-angle. Satu lensa memiliki sudut pandang hingga 125 derajat serta aperture f/2.4. Satu lensa lainnya punya sudut pandang hingga 71 derajat dengan aperture f/1.8

Kamera utama 13 MP yang digunakan untuk mengambil objek telah dibekali dengan OIS dan laser autofocus. Untuk membantu mengambil foto dalam keadaan minim cahaya atau gelap, LG telah membekali dual-LED flash pada bagian belakang G6. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 serta sudut pandang hingga 100 derajat yang bisa mengakomodasi foto selfie maupun wefie dengan baik.

lg g6 1

Dari sektor hardware, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan prosesor kelas atas Qualcomm Snapdragon 821. LG G6 tidak bisa menggunakan prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 835 karena Samsung tidak mengizinkannya sebelum Samsung Galaxy S8 dan S8+ dirilis. Dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, LG G6 telah dibekali dengan RAM 4 GB.

Selain itu, penyimpanan internalnya terdiri dari pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Baterai berkapasitas 3.300 mAh dengan QuickCharge 3.0 juga telah hadir dalam smartphone yang satu ini. Dengan dukungan QuickCharge 3.0 memungkinkan daya baterai smartphone dapat diisi penuh hanya dalam waktu 96 menit atau pengisian 50 persen hanya dalam waktu 32 menit saja.

Untuk menghilangkan panas yang berlebih, perangkat yang satu ini telah dilengkapi dengan advanced heatpipe yang terbuat dari pelat tembaga sehingga mengurangi risiko terjadinya overheat atau bakan ledakan. Menariknya, LG G6 memiliki fitur baru yang belum dimiliki oleh keluarga G generasi sebelumnya, yakni kemampuan tahan air dan debu.

Dengan hadirnya sertifikat IP68 membuktikan bahwa smartphone ini tahan terhadap debu dan air sampai kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit. Untuk membuatnya lebih aman terhadap air, baterainya juga dirancang agar tidak dapat dilepas.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, Dolby Vision, Hi-Fi audio Quad-DAC, dan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan tampilan antar muka LG UX 6.0 telah hadir di dalamnya. Nantinya LG G6 akan memiliki varian single-SIM dan dual-SIM. Sayangnya pihak LG belum memberitahukan harga dan waktu ketersediannya.

(last edit: 27 February, 2017 / 9:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
71%
Mau
10%
Biasa Aja
27%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.