Sony Xperia Z5 Premium Mungkin Tak Sepanas Xperia Z5 Biasa

Nampaknya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 adalah sebuah keputusan yang sangat sulit. Prosesor ini dikenal identik dengan masalah panas yang mengurangi kenyamanan penggunanya. Salah satu contohnya adalah Sony Xperia Z3+.

Nasib serupa bisa saja kembali terjadi pada Sony Xperia Z5. Unit prototipe Xperia Z5 yang dipamerkan di ajang IFA 2015 kedapatan mengalami masalah overheat ketika digunakan untuk memotret. Hal yang juga terjadi dan menerpa Sony Xperia Z3+.

Namun hal tersebut mungkin tak akan terjadi pada varian tertinggi Xperia Z5, yakni Xperia Z5 Premium. Baru-baru ini muncul sebuah foto yang menggambarkan isi jeroan dari Sony Xperia Z5 Premium. Dari foto tersebut diketahui bahwa smartphone berlayar 5,5 inci 4K tersebut menggunakan sistem pendingin yang lebih baik.

Sony menggunakan solusi pendingin dual heatpipe untuk membuang panas. Penggunaan dua buah heatpipe tentunya bisa membuang panas dari inti core prosesor menuju ventilasi dengan lebih cepat dan efektif. Sony juga menggunakan volume thermalpaste lebih banyak di bagian prosesor untuk mencegah panas berlebih.

(last edit: 6 September, 2015 / 12:16 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
49%
Mau
30%
Biasa Aja
5%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.