Sony Rilis Firmware 28.0.A.7.24 untuk Atasi Masalah Overheat pada Xperia Z3+

Masalah overheat pada smartphone Xperia Z3+ sudah diakui oleh Sony. Masalah tersebut timbul dari chipset yang digunakannya, yakni Qualcomm Snapdragon 810. Untuk mengatasi masalah tersebut, Sony pun merilis firmware baru dengan versi 28.0.A.7.24.

Firmware terbaru untuk Sony Xperia Z3+ tersebut berukuran 70 MB yang tersedia secara OTA (Over-the-Air). Seperti firmware versi sebelumnya, firmware versi 28.0.A.7.24 pun masih menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0.2. Sayangya, firmware versi 28.0.A.7.24 untuk Sony Xperia Z3+ baru tersedia di India. Belum diketahui kapan Sony akan merilis firmware tersebut untuk regional Indonesia.

Sony sendiri tidak menjelaskan secara resmi apa yang mereka lakukan untuk membuat Xperia Z3+ bebas dari masalah overheat. Diperkirakan, Sony menurunkan kecepatan prosesor (underclocking) agar chipset Snapdragon 810 tidak menghasilkan panas berlebih pada saat digunakan.

Sebelumnya, HTC juga merilis sebuah firmware khusus untuk mengatasi masalah yang sama pada perangkat One M9. Layaknya Sony Xperia Z3+, HTC One M9 pun menggunakan chipset yang sama, yakni Snapdragon 810. Melalui firmware tersebut, HTC berhasil melakukan underclocking terhadap kecepatan prosesor untuk memperbaiki masalah overheat.

(last edit: 12 July, 2015 / 8:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
0%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.