/ Sony

Sony Pensiunkan Xperia X dan X Compact, Ini Alasannya

Sony dilaporkan memutuskan untuk menghentikan penjualan salah satu lini produk smartphone-nya, Sony Xperia X dan X Compact. Keputusan ini diambil Sony karena dua smartphone yang dirilis pada tahun lalu tersebut menorehkan angka penjualan yang kurang memuaskan.

Produsen elektronik asal Jepang tersebut juga telah mengonfirmasi keputusannya lewat Investor Day. Seperti dikutip dari Gadget360, Sony menempatkan smartphone ini pada kelas premium, namum menawarkan harga yang terjangkau. Ternyata, strategi itu pun tak cukup mampu menggoda pasar.

Di Jepang sendiri, samrtphone ini cukup mendapat sambutan positif dan berhasil meraih 85 persen dari target penjualannya. Namun di negara lain, penjualannya justru tidak menggembirakan. Di pasar global, smartphone ini hanya mampu menggaet 31 persen dari target penjualan.

xperia xa new

Dengan angka yang mengecewakan ini, wajar saja jika Sony memutuskan untuk tidak meneruskan lini produk Xperia X dan Xperia X Compact. Hal ini juga bukan kali pertama dilakukan Sony. Pada tahun lalu, Sony juga menghentikan lini produk seri C dan M untuk fokus pada seri Xperia X.

Sejak itu, Sony pun menggebu-gebu dan punya rasa optimis untuk memasarkan smartphone tersebut, termasuk smartphone unggulan lainnya, seperti Sony Xperia XZ Premium dan perangkat yang juga dipasarkan dengan harga terjangkau, Xperia XA1.

Masih terkait dengan keputusan yang dilakukan, kini Sony akan fokus pada perangkat andalan mid-range dan high-end, seperti XZ Premium, Xperia XZs, Xperia XA1, dan Xperia XA1 Ultra. Lewat roadmap 2017, Sony juga dikabarkan ingin fokus pada 'teknologi yang hanya bisa diberikan oleh Sony' dan lebih fokus pada pasar utamanya, seperti Jepang, Asia Timur, APAC, Timur Tengah, dan Eropa.

(last edit: 26 May, 2017 / 8:37 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
54%
Mau
2%
Biasa Aja
15%
Payah!
29%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.