Sony: Jangan Gunakan Smartphone Xperia di Dalam Air

Berbicara mengenai smartphone tahan air, sejauh ini hanya Sony yang terbukti memiliki jajaran smartphone yang bisa diajak berenang. Beberapa contohnya seperti Sony Xperia Z Series dan M2 atau M4 Aqua. Smartphone tersebut punya sertifikasi IP68.

Sertifikasi tersebut membuat smartphone Xperia tahan air Sony dapat dibawa menyelam di air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Sejauh kami mencoba (Xperia M2 Aqua, M4 Aqua, Z3 Compact, dan Z3+), memang benar, smartphone tetap berfungsi normal setelah dibawa menyelam.

Namun baru-baru ini, Sony membuat kebijakan yang terdengar kontroversial. Sony menghimbau pengguna Xperia tidak menggunakan smartphone tahan airnya di dalam air dengan pernyataan "perlu diingat untuk tidak menggunakan smartphone di dalam air" dan "sertifikasi IP yang dimiliki smartphone didapat berdasarkan hasil uji laboratorium dalam kondisi standby, jadi Anda tidak disarankan menggunakan smartphone di dalam air, seperti mengambil foto."

Sony juga menambahkan bahwa mereka tidak menguji smartphone di dalam air yang tidak tenang, seperti kolam renang misalnya. Saat pengujian ketahanan air, mereka juga tidak menguji smartphone dengan kondisi bergerak. Hal ini cukup bertentangan dengan metode promosi yang dilakukan Sony. Beberapa cuplikan gambar maupun video promosi dari Sony secara jelas menunjukkan pengguna Xperia berfoto di dalam air.

(last edit: 13 September, 2015 / 12:33 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
13%
Mau
5%
Biasa Aja
8%
Payah!
75%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.