Connect with us
Tech News

Snapdragon 8150 Sudah Tercatat di Bluetooth SIG

Bukan Snapdragon 855, tetapi Snapdragon 8150 yang bakal jadi chipset unggulan berikutnya yang diperkenalkan oleh Qualcomm di akhir tahun ini. Chipset ini sendiri sudah tercatat di badan sertifikasi Bluetooth SIG.

Updated

Siklus kehidupan Snapdragon 845 sudah mendekati titik akhir. Ya! Qualcomm memang sedang mempersiapkan chipset Snapdragon 800 Series berikutnya. Rumor yang beredar, chipset ini akan punya nama Snapdragon 855 yang akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Namun yang cukup menarik, chipset ini sudah disertifikasi oleh Bluetooth SIG dan memiliki nomor model SM8150. Sepertinya Qualcomm akan mengubah penamaan dari chipset kelas atasnya ini. Bukan lagi Snapdragon 855, tetapi chipset ini akan dipanggil dengan nama baru, yakni Snapdragon 8150.

Selain nama baru, chipset ini juga disebut-sebut akan mendukung beberapa fitur menarik yang sudah dipersiapkan, seperti Wi-Fi dan Bluetooth Low Energy alias BLE 5.0. Di situs Geekbench, chipset ini juga punya peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan Snapdragon 845.

Tercatat dalam pengujian single-core, chipset Snapdragon 8150 mampu mencapai 1.300 poin, sedangkan pada pengujian multi-core hasilnya mencapai 2.000 poin. Hasil tersebut membuat Snapdragon 8150 sedikit lebih baik ketimbang Kirin 980 besutan Huawei.

Namun jika dibandingkan dengan chipset yang ada di dalam tubuh iPhone terbaru, Snapdragon 8150 masih tertinggal jauh dalam hal kinerja di sisi single-core. Tentu saja ini sebuah “sentilan” bagi Qualcomm untuk terus berupaya mengejar ketertinggalanya dari chipset buatan Apple.

Baca juga

Lantas, kapan tepatnya Snapdragon 8150 akan diluncurkan? Tak sedikit yang memperkirakan, Qualcom akan memperkenalkan chipset unggulan terbarunya itu pada pertengahan Desember 2018. Selanjutnya, diperkirakan pada awal Maret 2019 chipset tersebut sudah menempel di sejumlah smartphone flagship.

Comments

Populer