Snapdragon 410 Raih Gelar Chipset Mobile Terpopuler di Dunia

Perusahaan analisa data website DeviceAtlas baru saja mengumpulkan laporan lengkap tentang penggunaan smartphone pada Q2 2017. Menurutnya, chipset Snapdragon 410 merupakan chipset mobile paling populer, mengalahkan duo Apple A7 & A9 .

Ya, chipset Qualcomm menjadi yang paling populer di platform Android. Qualcomm menjadi pemimpin di pasar negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan sejumlah negara Eropa lainnya. Adapun untuk pasar negara berkembang seperti India, Mesir, dan Kolombia, chipset MediaTek bisa menyaingi Qualcomm.

Adapun untuk penyebaran penggunaan GPU, chip PowerVR menjadi yang terbanyak digunakan di pasar negara maju. Pasalnya GPU PowerVR digunakan oleh iPhone buatan Apple. Adapun untuk GPU Mali, market share mereka antara 25 hingga 40 persen di pasar Rusia, Polandia, dan Afrika Selatan.

deviceatlas01

Data menarik lainnya yang dirilis DeviceAtlas yaitu tren penggunaan RAM. Disaat sudah cukup banyak smartphone dengan RAM 8 GB, perangkat dengan RAM hanya 512 MB ternyata masih banyak digunakan di Kolombia, Nigeria, Rusia, Brasil, Mesir, dan Argentina.

DeviceAtlas juga menganalisa penggunaan ponsel dengan slot dual-SIM. Ternyata lebih dari 60 persen ponsel di India mendukung dua SIM card. Sementara di Amerika Serikat jumlahnya sangat sedikit, yakni hanya 4,1 persen saja.

Data lain menyebutkan smartphone paling diminati adalah smartphone yang dirilis pada 2015. Dari semua smartphone, Samsung Galaxy S7 (bersamaan dengan Galaxy S7 Edge) saat ini sukses menjadi smartphone Android yang paling banyak digunakan.

(last edit: 17 September, 2017 / 1:19 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
84%
Mau
2%
Biasa Aja
9%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Yasser Arafat

Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.