/ Xiaomi

Smartphone Jadul Xiaomi Mi 2 Cicipi Android 8.0 Oreo, Kok Bisa?

Xiaomi pada tahun 2012 lalu telah merilis Mi 2 di pasar Cina. Kehadiran smartphone yang memiliki bentang layar 4,3 inci dengan resolusi HD ini pun disambut hangat oleh pengguna setia perangkat Xiaomi alias Mi Fans kala itu.

Berbicara soal hardware yang disematkan, smartphone ini ditenagai dengan chipset buatan Qualcomm, yakni S4 Pro yang disandingkan dengan RAM 2 GB. Saat itu, kombinasi hardware yang ada di dalam Mi 2 bisa dibilang yang terbaik.

Melihat waktu pengembangan dan peluncurannya, pantas jika smartphone ini terbilang lawas. Namun tidak untuk salah seorang developer yang tergabung di dalam forum XDA. Diam-diam, ia telah menyediakan update Android 8.0 Oreo untuk Mi 2 lawas tersebut.

Xiaomi Mi 2 Android Oreo

Tak hanya untuk Mi 2, update sistem operasi Android terbaru tersebut juga bisa dimuat ke dalam Mi 2 Series lainnya, seperti Mi 2C dan Mi 2SC. Bahkan, ia juga sesumbar bahwa fitur Bluetooth, WiFi, FM Radio, Camera, Audio, Sensor dan GPS dapat berjalan normal.

Sayangnya, developer tersebut tak menguji apakah fungsi telepon Mi 2 akan bekerja dengan baik jika menggunakan SIM card CDMA. Lebih lanjut, ia juga mengakui bahwa beberapa bug masih ditemukan dalam sistem operasi modifikasi ini.

Diakui, bug tersebut ada pada Sound Recorder yang tidak bisa melanjutkan proses rekaman setelah di-pause. Selain itu, dukungan LED flash untuk kamera juga tidak bisa diaktifkan secara manual. Bug lainnya, saat mengaktifkan video recording, pilihan resolusi hanya 720p atau lebih rendah.

Developer tersebut juga mengonfirmasi bahwa kernel (v3.4.0) yang ada pada sistem operasi Android 8.0 Oreo hasil modifikasi tersebut perlu ditambal. Hal ini terkait dengan celah keamanan yang katanya rentan untuk disusupi oleh penjahat cyber.

Apabila kamu yang menggunakan Mi 2 tertarik dengan sistem operasi ini maka dapat mengunjungi forum XDA untuk mencari tempat download ROM Android 8.0 Oreo ini. Selain itu, ROM ini hanya bekerja untuk Mi 2 dan kamu harus mengetahui cara flash sebelum meng-install-nya.

(last edit: 26 November, 2017 / 9:12 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
58%
Mau
5%
Biasa Aja
28%
Payah!
8%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.