Smartphone dengan RAM 8 GB akan Bermunculan Tahun Depan

Now Reading
Smartphone dengan RAM 8 GB akan Bermunculan Tahun Depan

Tidak terasa tahun 2016 sebentar lagi akan selesai. Menuju tahun 2017 tentunya banyak sekali perkembangan di dunia smartphone yang ditunggu-tunggu, salah satunya adalah smartphone dengan RAM 8 GB. Bukan lagi mustahil memiliki smartphone dengna RAM besar, karena saat ini Samsung telah mengembangkan modul memori 8 GB LPDDR4 RAM.

Ternyata Samsung tidak sendirian, masih ada perusahaan lain, yaitu SK Hynix. Perusahaan Korea ini telah mengembangkan generasi terbaru memori 8 GB LPDDR4 dalam single chip untuk smartphone, tablet, dan PC. Sebagai informasi, SK Hynix merupakan produsen chipset terbesar kedua setelah Samsung dan perusahaan terbesar kelima di dunia dalam produksi semikonduktor.

Chip memori 8 GB LPDDR4 terbaru yang diproduksi oleh salah satu perusahaan SK group ini merupakan gabungan empat IC DRAM 2 GB yang memiliki nilai data transfer 3733 MT/s (MHz). Data transfer ini memang lebih rendah dari frekuensi Samsung yang mencapai 4266 MHz. Namun untuk urusan transfer data, chip milik SK Hynix mencapai 29,8 GB/s.

Jika chip milik Samsung menggunakan teknik fabrikasi 10nm, tidak dengan chip miliki SK Hynix. Meskipun masih menggunakan teknik fabrikasi 21nm, chip dengan kode H9HKNNNFBMMUDR-NMH ini kompatibel dengan berbagai macam jenis smartphone. Selain itu, chip SK Hynix juga mendukung UFS NAND Flash Memory, dengan 1.8 / 1.1V yang telah dikapalkan saat ini. Ada juga versi low voltage 0,6V yang akan dikapalkan pada Q1 2017. Semoga saja smartphone dengan RAM 8 GB sudah mulai muncul setidaknya pada Q2 2017 nanti.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
75%
Mau
25%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.
9 Comments
Leave a response

Leave a Response