Smartphone Apple dan Samsung Mungkin Tak Lagi Gunakan SIM Card

Rutinitas yang biasa kita lakukan setelah membeli smartphone baru adalah memasang baterai dan juga SIM card. Namun beberapa tahun ke depan, mungkin saja rutinitas memasang SIM card sudah tak bisa dilakukan lagi. Apa penyebabnya?

Adalah Apple dan Samsung yang sedang berkolaborasi untuk membuat terobosan baru. Apple dan Samsung tertarik untuk mengembangkan SIM card elektronik. Jadi nantinya perangkat yang dirancang oleh kedua produsen gadget tersebut tak lagi menyediakan slot SIM card.

Dengan SIM card elektronik, pengguna smartphone bisa mengganti SIM yang mereka gunakan langsung melalui software smartphone dengan lebih mudah dan praktis. Ada rumor yang mengatakan, Apple iPhone 6s mungkin menjadi smartphone pertama yang akan mengusung teknologi baru ini.

Apabila gagasan ini bisa direalisasikan, produsen smartphone dipastikan akan memiliki lebih banyak ruang pada smartphone untuk menempatkan hardware lebih banyak dari ruang kosong yang ditinggalkan oleh slot SIM card tersebut guna memberikan fitur baru lainnya.

(last edit: 17 July, 2015 / 11:19 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
3%
Biasa Aja
23%
Payah!
13%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.