Smartphone Android Nougat Pertama di Dunia Resmi Meluncur

Bisa dibilang gagal dengan G5-nya, LG kembali mencoba peruntungan dengan meluncurkan flagship terbarunya, V20. Penerus LG V10 ini kembali mengutamakan kecantikan dari sisi desain. Pada V20, LG merancang menggunakan material aluminium alloy AL6013 yang juga digunakan untuk pembuatan pesawat terbang.

Selain punya desain cantik, LG V20 juga cukup kuat dengan fitur shock resistant standar militer MIL-STD-810. Secara sekilas, LG V20 lebih mirip G5 ketimbang V10. Bedanya, LG V20 tidak dirancang dengan desain modular.

Sebagai smartphone flagship, LG V20 dibekali baterai yang dapat dilepas-pasang dengan mudah setelah Anda membuka back cover-nya. Hal ini cukup menarik mengingat hampir seluruh smartphone flagship saat ini sudah meninggalkan desain non-unibody.

Selain mengombinasikan desain cantik dan kuat, LG V20 pun punya potensi sangat besar dari sisi kamera dan kinerja komputasi. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi Quad HD. Ada pula layar kedua berukuran kecil yang kini lebih terang dari yang ada pada LG V10.

v20

Sisi performa bakal mampu meladeni game dan aplikasi yang ada saat ini dengan CPU Snapdragon 820 serta RAM 4 GB. Sedangkan sisi fotografi kembali membawa dua kamera utama. Satu beresolusi 16 MP dengan dukungan OIS, phase autofocus, serta laser autofocus. Satu kamera lainnya beresolusi 8 MP yang mampu menangkap gambar wide 135 derajat.

Bukan cuma kemampuan fotografi, LG juga memerhatikan kemampuan video dari V20. LG menyematkan teknologi Steady Record 2.0, yaitu stabilizer berbasis gyroscope. Kamera LG V20 diklaim juga bisa mengikuti fokus objek yang bergerak dengan stabil dan minim distorsi.

Untuk penggila selfie, kamera depan LG V20 sayangnya masih beresolusi 5 MP. Cukup tertinggal dibanding para kompetitornya yang sudah menggunakan kamera depan 8 MP atau bahkan 16 MP. Namun LG menjamin kualitasnya bakal tetap baik dan bisa ciptakan foto selfie dengan angle yang luas.

Meski sudah resmi diperkenalkan, LG belum mengungkap berapa harga yang dipatok untuk V20. Yang jelas, smartphone yang hadir dengan baterai 3.200 mAh plus fitur Quick Charge 3.0 ini bakal tersedia mulai akhir bulan September dan langsung membawa sistem operasi Android 7.0 Nougat.

(last edit: 7 September, 2016 / 2:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
20%
Mau
28%
Biasa Aja
35%
Payah!
18%
About The Author
Elan Suherlan
Pengguna Huawei P9, mengawali karir di majalah CHIP sebagai fotografer dan videografer hingga tahun 2014. Kemudian menjadi videografer dan content writer di JalanTikus. Saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.