Smartfren 4G LTE-Advanced Siap Dinikmati di Seluruh Indonesia

Setelah meluncurkan beberapa handset yang mendukung 4G LTE pada beberapa bulan lalu, PT Smartfren Telecom, Tbk. kini meluncuran layanan telekomunikasi seluler berbasis 4G LTE-Advanced yang pertama di Indonesia pada Rabu (19/08). Smartfren juga menyebut 4G LTE-Advanced ini merupakan layanan 4.5G. Untuk menghadirkan layanan ini, Smartfren juga bekerja sama dengan ZTE selaku penyedia perangkat untuk menciptakan infrastruktur 4G LTE-Advanced.

Berbeda dengan layanan 4G yang dimiliki oleh operator lainnya, Smartfren menggunakan dua frekuensi sekaligus (dual carrier), yakni 850 MHz (FDD 4G LTE) dan 2.300 MHz (TDD 4G LTE). Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik serta kapasitas yang lebih besar. Frekuensi 850 MHz digunakan untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar. Sedangkan frekuensi 2.300 MHz untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

Layanan 4G LTE-Advanced milik Smartfren ini sudah dapat dinikmati pada 22 kota besar di Indonesia. Namun secara umum, pihak Smartfren mengatakan bahwa layanan 4.5G ini sudah siap dinikmati secara nasional. Saat ini, 80 persen BTS Smartfren di pulau Jawa sudah direstrukturisasi untuk mendukung 4G LTE-Advanced. Itu berarti, hampir seluruh area pulau Jawa sudah dapat menikmati layanan internet super cepat ini.

Seiring dengan hadirnya layanan 4G LTE-Advanced, Smartfren juga sudah menyiapkan layanan paket “Smartplan Limitless”. Paket ini memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan data tanpa ada biaya tambahan walaupun kuota utamanya telah habis digunakan (kecepatan disesuaikan). Hingga 31 Oktober 2015 mendatang, pelanggan Smartfren dapat menikmati bonus kuota 2x lipat pada semua paket “Smartplan Limitless” dengan pembelian di atas Rp 50ribu/bulan.

(last edit: 20 August, 2015 / 8:08 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.