Siapkan Viki, Nokia Tantang Siri dan Cortana?

Smartphone Android Nokia 6 telah resmi diluncurkan kemarin oleh HMD Global. Smartphone ini rencananya akan mulai dijual secara eksklusif melalui JD.com. Tak butuh waktu yang lama, kini datang informasi terbaru bahwa Nokia telah mendaftarkan merek dagang "Viki" di kawasan Eropa.

Sayangnya informasi yang dilansir dari PhoneArena mengenai Viki belum begitu jelas. Namun banyak yang memprediksi dan memperkirakan bahwa Viki adalah nama untuk asisten personal virtual yang saat ini sedang dikembangkan Nokia. Pada bagian deskripsi produk aplikasi, Viki digambarkan sebagai "software untuk penciptaan dan pemantauan mobile dan web asisten yang bekerja dengan pengetahuan digital dan menggabungkan semua sumber data ke dalam satu chat dan interface berbasis suara."

viki nokia

Jika memang benar Viki adalah asisten suara, maka Viki harus bersaing keras dengan para pendahulunya seperti Siri, Google Assistant, Cortana, Alexa, dan Bixby. Sekadar informasi, Huawei telah mengumumkan bahwa mereka akan menyematkan asisten pribadi Alexa buatan Amazon AS pada smartphone terbaru andalannya Mate 9.

Kendati demikian, sebenarnya masih terbuka juga kemungkinan bahwa Viki bukanlah software asisten pribadi. Apapun itu nantinya, Viki bakal semakin menegaskan eksistensi sekaligus meramaikan "comeback"-nya Nokia ke industri smartphone tahun ini. Hal ini pun disambut baik oleh para fans Nokia yang memang sudah menunggu-nunggu sejak lama.

(last edit: 10 January, 2017 / 8:46 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
103%
Mau
3%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.