Sharp akan Ciptakan Layar Super IGZO Hemat Daya untuk Smartphone

Kita mungkin lebih mengenal Sharp sebagai produsen televisi. Namun Sharp sebenarnya juga sudah ikut meramaikan dunia smartphone dengan mengeluarkan smartphone yang memiliki desain dengan layar tanpa frame pada bagian depan. Ini dikarenakan beberapa smartphone keluaran Sharp menggunakan layar IGZO.

Kelebihan dari layar ini adalah lebih sedikit mengonsumsi baterai dan juga lebih responsif saat digunakan. Sebagai informasi, ada laporan yang mengatakan bahwa Samsung sudah menemukan cara untuk menghemat biaya produksi layar OLED sehingga hanya menjadi sedikit lebih mahal dari layar LCD. Hal ini membuat banyak produsen tertarik untuk menggunakannya di produk mereka. Namun Sharp akan membuktikan bahwa panel IGZO bisa lebih baik dari teknologi layar lainnya.

Layar Super IGZO yang baru menggunakan oxide semiconductor yang telah disempurnakan sehingga dapat memberikan resolusi yang lebih tinggi dengan konsumsi daya 10 hingga 20 persen lebih sedikit dari panel IGZO yang lama. Hal ini sangat mengagumkan karena panel yang lama saja hanya mengonsumsi seperlima daya yang dikonsumsi panel layar jenis LCD.

sharp-super-igzo

Sharp akan memulai produksi layar baru ini pada awal 2016 di pabrik mereka yang terletak di Prfektur Mie, Jepang. Pabrik ini sebenarnya memproduksi panel untuk televisi, tetapi sudah mulai tidak diproduksi lagi semenjak sudah tidak menghasilkan keuntungan lagi.

Target Sharp untuk layar baru ini cukup ambisius dimana Sharp menargetkan untuk menjual sekitar 50 milyar yen setiap tahunnya sebelum tahun 2020 berakhir. Teknologi layar Sharp pernah digunakan oleh Apple dan sepertinya Apple juga tertarik menggunakan layar IGZO. Akan tetapi menurut rumor yang beredar Apple justru akan berpindah ke tekhnologi layar AMOLED. Kembali lagi, apapun masih bisa terjadi. Apabila Sharp mungkin bisa menunjukkan bahwa teknolgi merekalah yang terbaik, masih ada kemungkinan Apple kembali melirik sehingga bisa terjadi kerjasama dengan pihak Sharp.

(last edit: 4 December, 2015 / 8:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
85%
Mau
4%
Biasa Aja
8%
Payah!
4%
Tentang Penulis
Novianto Setiawan
Pengguna ASUS ZenFone 6. Game addict yang bisa menghabiskan waktu tidurnya untuk konsentrasi bermain game. Ia memulai karir menulisnya di DroidLime.