Setelah Messenger, Facebook Tanam Fitur Live Location ke WhatsApp

WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur baru bernama Live Location. Melalui fitur ini kita dapat berbagi lokasi kepada orang lain secara real-time. Sebelum tersedia untuk WhatsApp, fitur ini juga telah disematkan pada platform lain milik Facebook, yakni Messenger.

Sayangnya, Messenger dan WhatsApp bukanlah layanan pertama yang mengadopsi fitur untuk berbagi lokasi tersebut. Sebelumnya, fitur sejenis juga sudah tersemat utuh pada layanan Google Maps dan juga Telegram.

Jika kalian pengguna setia WhatsApp, untuk memanfaatkan fitur ini cukup mudah. Kalian hanya perlu menekan tombol Attach pada boks percakapan. Selanjutnya, kalian bisa memilih Share Live Location dan kirim ke nomor yang dituju.

Lalu, bagaimana isi pesan tersebut di tangan penerima? Teman atau keluarga kalian yang menerima pesan ini dapat melihat lokasi dimana kalian berada. Tak hanya itu, mereka juga dapat memantau pergerakan kalian secara real-time.

Saat akan mengirim lokasi, kalian juga dapat mengatur timer dalam kurun waktu tertentu. Menariknya, fitur Live Location tidak hanya tersedia untuk percakapan pribadi, namun juga dapat dimanfaatkan untuk percakapan grup.

Berbeda dengan saat percakapan pribadi, pada grup kalian dapat berbagi lokasi ke lebih dari satu orang serta memantau pergerakan setiap anggota grup secara langsung. Tentu saja, fitur ini akan sangat berguna untuk kegiatan bisnis atau digunakan sebagai penunjuk arah.

Agar lebih nyaman dan aman dalam menggunakannya, fitur ini telah dienkripsi secara end-to-end. WhatsApp juga berjanji akan merilis fitur ini pada perangkat Android dan iOS dalam beberapa minggu ke depan. Bagaimana menurut kalian, apakah fitur ini sangat berguna?

(last edit: 20 October, 2017 / 12:32 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
84%
Mau
6%
Biasa Aja
6%
Payah!
6%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.