/ Apple

Sensor Fingerprint iPhone 8 Ada di Tombol Power?

Di penghujung tahun ini Apple dijadwalkan merilis iPhone 8. Beberapa bocorannya pun sudah menghiasi jagat maya, mulai dari dugaan spesifikasi hardware serta fitur yang dibenamkan hingga desainnya. Bocoran terbaru, Apple akan menghapus tombol Home fisik.

Pertanyaan yang muncul, kemanakah Touch ID tersebut pergi dan dimana Apple akan menempatkannya? Sempat dikabarkan bakal disematkan di balik layar, tapi kini ada kabar lainnya. Saat ini Apple memiliki sejumlah paten yang mengisyaratkan kemungkinan lokasi baru untuk pembaca sidik jari tersebut, salah satunya di tombol Power.

Paten iPhone 8 Apple 2

Apple mengajukan paten tombol Power dengan sidik jari pada kuartal kedua 2015. Sementara, Xperia Z5 yang dirilis pada kuartal ke empat di tahun yang sama menjadi smartphone pertama yang memasang pembaca sidik ajri di tombol Power. Namun untuk pasar Amerika, Sony telah menonaktifkan fungsi tersebut.

Seperti dilansir oleh GSMArena, sejumlah gambar yang menunjukkan kemungkinan ditempatkannya Touch ID di iPhone 8 kembali beredar. Dari gambar tersebut, tombol Power lengkap dengan Touch ID kemungkinan akan disematkan oleh Apple pada sisi kanan, kiri, atau juga atas perangkat.

Paten iPhone 8 Apple 3

Paten Apple lainnya menunjukkan sensor biometrik bisa juga tersembunyi di dalam layar sentuh, baik melalui transparent conductive finger biometric sensing pixels ataupun acoustic imaging system yang ada di bawah layar sentuh. Sehingga untuk menggunakan sensor sidik jari, pengguna cukup mengarahkan jarinya ke layar.

Namun begitu, semua gambar tersebut adalah baru sebatas paten yang diajukan oleh Apple untuk memperlihatkan inovasinya. Apakah nantinya perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini benar-benar akan menerapkan paten tersebut ke dalam iPhone 8, tentunya kita masih terus menunggu hingga smartphone tersebut dirilis secara resmi.

(last edit: 14 June, 2017 / 11:00 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
23%
Mau
7%
Biasa Aja
10%
Payah!
62%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.